Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Putin Dukung Keputusan Trump Tarik Pasukan dari Suriah

Jumat 21 Dec 2018 20:41 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah

Vladimir Putin

Vladimir Putin

Foto: EPA/Alexey Nikolsky
Menhan AS memilih mundur setelah tak sepakat dengan Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin mendukung keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menarik seluruh pasukannya dari Suriah. Menurutnya langkah Trump sudah tepat.

“Fakta bahwa AS telah memutuskan untuk menarik pasukannya (dari Suriah) adalah benar,” kata Putin dalam konferensi pers tahunannya pada Kamis (20/12), dikutip Al Araby.

Putin mengetahui keputusan Trump menarik pasukan AS dari Suriah karena dia mengklaim telah berhasil mengalahkan milisi ISIS. “Karena menyangkut kemenangan atas ISIS, secara keseluruhan saya setuju dengan presiden AS (Trump), bahwa kami telah melakukan pukulan serius terhadap ISIS di Suriah,” ujarnya.

Dia juga mengomentari tentang rencana Trump menarik 5.000 pasukan AS dari Afghanistan. Menurutu Putin, ia belum melihat tanda-tanda penarikan itu, meski hal tersebut sangat mungkin.

Baca juga, Trump akan Tarik Pasukan AS di Suriah.

Trump mengejutkan sekutunya saat mengklaim telah berhasil mengalahkan ISIS di Suriah. Ia pun memerintahkan agar seluruh pasukan AS di negara tersebut ditarik. Pentagon belum memberikan komentar perihal keputusan Trump tersebut.

Namun Menteri Pertahanan AS Jim Mattis bersilang pendapat dengan Trump perihal penarikan pasukan dari Suriah. Ia pun memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya pada awal 2019.

Tak hanya Suriah, Trump juga dikabarkan sedang mempersiapkan penarikan 5.000 pasukan AS dari Afghanistan. Hal itu dikhawatirkan akan memberi peluang kepada milisi Taliban untuk kembali merebut wilayah-wilayah di negara tersebut.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA