Senin 24 Dec 2018 14:27 WIB

Petinggi Taliban Tewas dalam Serangan Udara Afghanistan

Operasi penyerangan Taliban berlangsung saat perundingan AS-Taliban berlangsung.

Milisi Taliban
Foto: AP
Milisi Taliban

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL— Seorang komandan senior Taliban tewas dalam serangan udara di Provinsi Paktika, Afghanistan Tenggara, kata Kementerian Pertahanan Afghanistan pada Ahad (23/12).

Gerilyawan itu menjadi sasaran di Kabupaten Barmal, yang berbatasan dengan Wilayah Suku Waziristan Selatan, yang bergolak di Pakistan.

Tanpa menyebutkan nama komandan tersebut, pernyataan resmi itu mengatakan satu mobil menjadi sasaran dalam serangan udara yang menewaskan dua gerilyawan.

Harian Pakistan, Express Tribune, telah mengidentifikasi komandan Taliban itu sebagai Saifullah.

Sayed Ghafoor Ahmad Jawed, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan kepada Kantor Berita Anadolu, Senin (24/12), Angkatan Udara Afghanistan telah melancarkan serangan udara pada musim dingin untuk menyerang komandan senior gerilyawan garis keras.

"Dalam waktu kurang dari satu bulan, sebanyak 15 gerilyawan penting, termasuk gubernur bayangan Taliban, komandan regional seperti Mulla Mana, Pir Agha, dan Bilal Zadran, telah disingkirkan dan operasi ini akan berlanjut," katanya.

Operasi tersebut dilancarkan saat saat perunding senior perdamaian AS Zalmay Khalilzad belum lama ini bertemu dengan wakil Taliban bersama dengan utusan dari Pakistan, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi di Abu Dhabi, UAE, dalam upaya untuk menghidupkan proses perdamaian, yang macet. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement