Jumat 18 Jan 2019 09:44 WIB

Transportasi Kecepatan Tinggi akan Hubungkan Abu Dhabi-Dubai

Hyperloop akan mulai dibangun tahun ini.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nur Aini
Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab
Foto: bbc
Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Perusahaan transportasi berkecepatan tinggi, Hyperloop Transportation Technologies bertekad akan menyelesaikan pembangunan tahap pertama hyperloop di Uni Emirat Arab tahun depan.

Pimpinan Hyperloop Transportation Technology, Bipop Gresta mengatakan pihaknya berencana membangun jalur hyperloop yang menghubungkan Abu Dhabi dengan Dubai. Kendati demikian Gresta tak memnerikan kepastian tanggal peluncuran transportasi tersebut.

“Perkiraan biayanya 3 miliar dolar AS sampai 6 miliar dolar AS,” tuturnya seperti dilansir Al Arabiya pada Jum'at (18/1).

Hyperloop telah menandatangani nota kesepahaman dengan sebuah perusahaan real estate yang berbasis di Abu Dhabi pada April tahun lalu. Mereka pun sepakat untuk pembangunan dan pengoperasian jaringan transportasi cepat itu.

Hyperloop bakal menjadi modal transportasi kapsul pertama yang memiliki kecepatan tinggi di UEA. Setelah melalui perakitan, hyperloop rencananya diuji pada jalur prototipe dari Spanyol ke Prancis.

Hyperloop merupakan moda transportasi antar-jemput berkecepatan tinggi yang bergerak di atas rel magnetik. Penggagas sistem transportasi cepat ini adalah Elon Musk. Berbeda dengan jalur kereta api, hyperloop yang menyerupai kapsul berjalan dalam jalur tabung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement