Selasa 12 Feb 2019 17:34 WIB

Promosi Wisata, Turki Rilis Film Dokumenter Bawah Laut

Film dokumenter bawah laut itu dibuat selama 52 hari dengan penyelaman di 33 lokasi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Masjid Yeni atau Yeni Camii, Istanbul, Turki
Foto: .istanbeautiful.com
Masjid Yeni atau Yeni Camii, Istanbul, Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL – Direktorat Pariwisata Istanbul Metropolitan Municipality (IBB) membuat sebuah film dokumenter berjudul Two Seas, One City: Underwater Istanbul. 

Film tersebut menampilkan tentang kehidupan bawah laut Istanbul. Kota yang dikelilingi Laut Marmara dan Laut Hitam itu bertujuan memperkenalkan kekayaan bawah lautnya melalui film dokumenter tersebut.  

Film dokumenter bawah laut itu dibuat selama 52 hari dengan penyelaman lebih dari 100 kali di 33 lokasi yang berbeda. Film dokumenter itu akan tayang perdana di Gedung Konser Cemal Resit Rey (CRR) hari ini. 

Film dokumenter bawah laut Kota Istanbul sendiri disutradarai oleh Sait Ozgur Gedikoglu. 

Film dokumenter itu bermaksud mempromosikan dunia bawah laut Istanbul dan meningkatkan kesadaran tentang konservasi alam. 

Dia menjelaskan, film dokumenter yang pertama ini disiapkan oleh pemerintah daerah. Film ini sangat penting sebagai referensi untuk penelitian lebih lanjut yang dapat menjelaskan kehidupan bawah laut Istanbul. 

“Film dokumenter ini juga akan mempromosikan wisata bawah laut Istanbul dan keanekaragaman hayati lautnya,” seperti dilansir Daily Sabah pada Selasa (12/2).

Penyelaman untuk pembuatan film dokumenter tersebut dilakukan dibeberapa lokasi seperti Selimpasa, Beylikduzu, Buyukcekmece, Kucukcekmece, Florya, Yesilkoy dan Yedikule.

Selain itu di Helic, Sarayburnu,  Juz Kulesi, Dolmabahce, Beykoz, Rumeli Feneri. Serta Pulau Sivri, Buyukada, Yuzla dan beberapa lokasi lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement