Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Pasangan yang Mengajar Kaligrafi Di Gaziantep

Senin 25 Feb 2019 06:23 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Muhiddin Najib Badenjki dan Hasnaa Tahhan.

Muhiddin Najib Badenjki dan Hasnaa Tahhan.

Foto: Anadolu Agency
Orang-orang Turki menghargai seni kaligrafi.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZIANTEP -- Mencari nafkah lewat kemahiran membuat kaligrafi  dilakukan pasangan suami istri asal Suriah yang bermigrasi ke Turki dan menetap di Gaziantep. Mereka adalah Muhiddin Najib Badenjki, seorang warga Suriah berusia 70 tahun dari Aleppo. Badenjki telah memulai belajar membuat kaligrafi ketika masih berusia 13 tahun.

Badenjki kemudian memutuskan tinggal Gaziantep, Turki bersama istrinya Hasnaa Tahhan yang berusia 60 tahun dan anak-anaknya pascaperang saudara meletus di negaranya.

Baca Juga

Badenjki yang juga mengajari istrinya seni kaligrafi dan seni keramik di rumahnya yang hanya memiliki satu kamar, berusaha melupakan kenangan pahit tentang perang. Badenjki telah memberikan pelajaran kaligrafi dan seni keramik selama 50 tahun di tanah kelahirannya.

Begitupun saat ini, Badenjki memberikan pelajaran kaligrafi gratis kepada siswa Turki dan Suriah di Gaziantep. Ia pun mengatakan bahwa dirinya begitu semangat mengajarkan seni.

“Siswa juga menunjukkan minat yang besar pada seni ini. Orang-orang Turki menghargai seni kaligrafi. Mereka membeli karya kaligrafiku,” kata Badenjki seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (25/2).

Sementara itu istrinya, Hasnaa Tahhan mengatakan bahwa dirinya  belajar kaligrafi dan seni marmer dari suaminya untuk meringankan beban hidupnya.“Saya menyukai seni kaligrafi saat saya berada di negara saya. Saya jatuh cinta dengan suara pena di atas kertas. Saya berusaha keras untuk belajar kaligrafi, dan akhirnya saya menjadi berhasil,” katanya. 

Artikel asli: https://www.aa.com.tr/en/life/turkey-syrian-couple-hold-on-to-life-with-calligraphy/1401008

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA