Senin 25 Feb 2019 12:09 WIB

Potongan Mumi Ditemukan di Bagasi Pesawat

Potongan Mumi itu hendak diselundupkan ke luar negeri.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi penemuan mumi.
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Ilustrasi penemuan mumi.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Bagian tubuh mumi terdeteksi dibawa penumpang di dalam bagasi pesawat. Otoritas berwenang Mesir berhasil menggagalkan upaya penyelundupan mumi tersebut ke luar negeri pada Ahad (24/2) waktu setempat.

Kepala Administrasi Pusat Uni Arkeologi Mesir Hamdi Hamam mengatakan, potongan tubuh yang telah tulang benulang ditemukan tersembunyi di dalam bagasi seorang penumpang yang hendak pergi menuju Belgia dari Bandara Internasional Kairo.

Baca Juga

Awalnya, pemindaian x-ray bandara mendeteksi benda-benda yang tidak pada umumnya. Pendeteksiannya mengarah pada penemuan kejahatan.

Seperti dilansir Ahram Online News, Komite arkeologi telah memeriksa temuan tersebut. Hasilnya, benar bahwa itu adalah asli bagian tubuh dari mumi.

"Tulang benulang itu milik dua mumi yang terdiri dari dua telapak kaki,  dua kaki, bagian bawah tangan kiri, satu lengan dan sepotong bagian tubuh," ujar Direktur Unit Areologi Mesir, Iman Abdel-Raouf. Setelah diidentifikasi, mumi tersebut disita dan akan dipulihkan di museum Mesir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement