Senin 25 Feb 2019 15:23 WIB

AS dan Oposisi Venezuela Bahas Cara Baru Gulingkan Maduro

Wapres AS Mike Pence bertolak kek Kolombia untuk bertemu sekutunya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence.
Foto: REUTERS/Joshua Roberts
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence.

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Amerika Serikat berencana menyusun cara baru untuk menekan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro agar menyerahkan kekuasaan. Selain itu, mereka juga mencari cara lain untuk memberikan bantuan kepada warga Venezuela, setelah upaya terakhir digagalkan militer.

Wakil Presiden AS, Mike Pence melakukan perjalanan Senin ke ibu kota Kolombia, untuk bertemu dengan anggota koalisi regional, dan pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido. Mereka akan membahas langkah-langkah selanjutnya yang bertujuan menggulingkan Maduro.

Baca Juga

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan, Pence diperkirakan akan mengumumkan tindakanya nyata saat berbicara kepada negara-negara anggota Lima Group. 

"Kami akan menunjukkan kepada dunia dan Maduro bahwa Amerika Serikat mendukung rakyat Venezuela dan bahwa Amerika Serikat mendukung Guaido," kata pejabat itu kepada wartawan.

"Dan kita akan terus berdiri bersamanya sampai demokrasi dipulihkan dan bantuan kemanusiaan mencapai ke mana ia harus pergi," lanjut perjabat itu.

Penampilan Pence di depan Lima Group digelar dua hari setelah upaya yang didukung AS untuk mengirim kemanusiaan melintasi perbatasan dari Kolombia berakhir dengan kekerasan.

Pasukan yang setia kepada Maduro menembakkan gas air mata, dan menembak para aktivis yang menyertai pasokan dan membakar bahan-bahan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement