Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

PBB Targetkan 4 Miliar dolar AS untuk Bantu Warga Yaman

Selasa 26 Feb 2019 20:35 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Teguh Firmansyah

Salah satu sudut kota di Yaman yang hancur akibat perang.

Salah satu sudut kota di Yaman yang hancur akibat perang.

Foto: Reuters
Pengumpulan bantuan ini akan menjadi fokus pembahasan di konferensi Jenewa.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menargetkan  mengumpulkan lebih dari 4 miliar dolar AS untuk membantu meringankan penderitaan dan kelaparan yang disebabkan oleh perang saudara Yaman.

Baca Juga

Namun terkumpulnya target dana ini akan tergantung pada tiga negara yang terlibat dalam konflik di Yaman yakni  Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan AS.

Seperti dilansir the Guardian, Selasa (26/2), target pengumpulan 4,2 miliar dolar AS ini akan menjadi fokus dari konferensi di Jenewa.

Menurut PBB, sekitar 20 juta orang membutuhkan bantuan di Yaman, termasuk hampir 10 juta di antarnya yang selangkah lagi menuju kelaparan. Sementara 240 ribu orang menghadapi bencana kelaparan. .

“Di antara banyak tantangan yang dihadapi operasi bantuan, pendanaan dengan cepat menjadi yang terbesar," kata Mark Lowcock, koordinator PBB untuk bantuan kemanusiaan.

Departemen Pembangunan Internasional Inggris (DfID) mengumumkan pada akhir pekan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan 200 juta poundsterling pada 2019. Hal itu menjadikan total sumbangan bantuan mereka menjadi 800 juta poundsterling sejak perang saudara dimulai.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA