Jumat 08 Mar 2019 14:04 WIB

Ketika Unta yang Tampak Jinak Bertarung Ilegal di Pakistan

Pertarungan unta tetap berjalan meski pemerintah melarang.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nashih Nashrullah
Sekelompok unta (ilustrasi)
Foto: Antara/Zarqoni/ca
Sekelompok unta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LAYYAH -- Ribuan orang bersorak saat rombongan unta yang dilengkapi pelana dan karangan bunga menghiasi lapangan yang berdebu untuk bertarung. Ini merupakan olahraga yang secara resmi dilarang di Pakistan tetapi tetap populer.  

Kerumunan berteriak ke keriuhan drum dhol dan lebih dekat ke binatang-binatang ketika antisipasi meningkat menjelang pertandingan, yang merupakan bagian dari sebuah festival di pusat kota Layyah. Sebelum pertarungan dimulai, unta dilucuti dari aksesoris meriah mereka. 

Baca Juga

Kemudian permainan dimulai. Hewan-hewan bergulat dengan leher dan gigitan mereka saat mereka berusaha menjepit musuh mereka ke tanah. Ada lolongan rasa sakit dan dengusan. 

"Ini adalah pameran budaya dan orang-orang datang ke sini untuk melihatnya dengan penuh semangat. Kamu bisa melihat kegembiraan di sekitar sini." kata penonton Atiq ur Rehman dilansir di Alarabiya, Jumat (8/3). 

Akhirnya wasit menyatakan pemenang, mendorong para penggemar untuk bergerak maju untuk mengelilingi binatang yang menang. 

Pemiliknya duduk dengan bangga di punggung unta merayakan keberhasilan-tetapi juga hadiah uang sekitar 100 ribu rupee.  

Pertarungan unta adalah ilegal di Pakistan, tetapi acara di Festival Layyah masih menarik banyak orang. 

Negara ini memiliki sejarah panjang olah raga berdarah-dengan beruang, ayam, dan anjing, di antara makhluk-makhluk lain yang dipaksa untuk bertarung. 

"Menurut hukum Pakistan, semua pertarungan hewan adalah ilegal," kata pengacara Abdul Ahad Shah dari Organisasi Kesejahteraan Hewan. Dia menambahkan bahwa sebagian besar unta yang terluka dalam perkelahian tidak diberikan perawatan medis yang tepat.

“Penduduk desa menggunakan solusi lokal untuk mengobati luka. Ini kejam," Shah menjelaskan. 

Penggemar menepis kritik, mengatakan pertarungan adalah tradisi di jantung negara Punjab. Hewan-hewan itu biasanya dilatih selama lebih dari setahun sebelum mereka ambil bagian dalam pertarungan apa pun.

“Itu menunjukkan budaya kita,” kata penatua lokal Muhammad Ali Jatoi. "Orang-orang berkumpul di sini, saling menyapa dan melupakan kegelisahan hidup."  

Pakistan tidak banyak melakukan larangan terhadap segala jenis pertempuran hewan, meskipun ada tindakan keras sporadis. 

Tahun lalu Pakistan mengeluarkan amandemen untuk RUU Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan, yang menyarankan denda karena menghasut hewan untuk bertarung harus ditingkatkan dari 50 rupee menjadi 300 ribu rupee.

Hukum asli ditetapkan oleh Inggris pada 1890 dan belum diamandemen. Islam menginstruksikan umat Islam untuk menghindari segala bentuk kekejaman terhadap binatang meskipun praktik itu sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Di Turki, yang menjadi tuan rumah Festival Gulat Unta Selcuk yang sangat populer, media lokal melaporkan upaya politisi lokal agar kegiatan tersebut masuk dalam Daftar Warisan Dunia Tak Berwujud UNESCO. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement