Minggu, 24 Zulhijjah 1440 / 25 Agustus 2019

Minggu, 24 Zulhijjah 1440 / 25 Agustus 2019

Biden Jadi Kandiat Kuat Partai Demokrat untuk Melawan Trump

Ahad 10 Mar 2019 12:22 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah

Joe Biden

Joe Biden

Foto: EPA/Sergey Dolzhenko
Sanders berada di urutan kedua dalam hasil jajak pendapat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berada di urutan pertama dalam jajak pendapat pemilihan presiden 2020 dari Partai Demokrat di Negara Bagian Iowa. Senator AS Bernie Sanders menguntit di urutan kedua.

Baca Juga

Biden yang belum mengumumkan apakah akan maju dalam pemilihan presiden 2020 mendatang menjadi pilihan pertama pemilih Partai Demokrat di Iowa dengan 27 persen suara. Adapun Sanders mendapat 25 persen suara.  Jajak pendapat digelar oleh Selzer & Co ini

"Jika saya Joe Biden duduk di beranda rumah dan melihat jajak pendapat ini, mungkin saya ingin lompat maju," kata Presiden Selzer & Co, J. Ann Selzer, Ahad (10/3). 

Surat kabar Des Moines memiliki rekam jejak panjang dalam menggelar jajak pendapat yang akurat di Iowa. Mereka mulai melakukan jejak pendapat kandidat-kandidat presiden pada 2020 mendatang. Dalam putaran ini Iowa akan menggelar pertarungan calon kandidat presiden Partai Demokrat pada Febuari 2020.

Hampir 65 persen suara mengatakan, Biden yang  pertama kali terpilih sebagai senator pada 1972 memiliki pengalaman lebih baik dibandingkan kandidat lainnya. Menurut mereka Biden harus maju dalam perebutan calon kandidat presiden dari partai Demokrat.

Sementara 31 persen suara lainnya mengatakan periode Biden maju dalam pemilihan umum sudah selesai. Sanders seorang demokratis sosialis yang menggelar unjuk rasa di Iowa saat jajak pendapat dilakukan pekan lalu mendapatkan suara 6 persen lebih banyak dibandingkan jajak pendapat sebelumnya.

Pada Desember lalu Sanders mendapatkan 16 persen suara. Sementara Biden turun 5 persen pada bulan yang sama saat ia mendapatkan 32 persen suara.

Belasan anggota Partai Demokrat maju dalam perebutan calon kandidat presiden 2020 dari partai Demokrat. Mereka mencari calon terbaik untuk mengalahkan Donald Trump yang diusung Partai Republik.

Partai Demokrat masih menunggu nama-nama besar untuk maju. Seperti Biden dan mantan calon anggota Senat dari Texas Beto O'Rourke.

Dalam jajak pendapat nasional calon kandidat presiden dari Partai Demokrat Biden memiliki posisi yang kokoh di atas Sanders. Di posisi ketiga ada Senator Kamala Harris lalu disusul Senator Elizabeth Warren dari Massachusetts, Amy Klobuchar dari Minnesota dan Cory Booker dari New Jersey.

Dalam jajak pendapat di Iowa, Warren berada di posisi ketiga dengan 9 persen dan Harris berada di posisi keempat dengan 7 persen. Sementara O'Rouke hanya mendapatkan 5 persen suara, turun 6 persen dibandingkan jajak pendapat bulan Desember lalu.

Jajak pendapat bulan Maret ini menjadi yang pertama di Iowa sejak para calon kandidat presiden dari partai Demokrat menyatakan maju dalam pemilihan presiden 2020. Jajak pendapat ini juga mematakan isu-isu yang didukung anggota partai Demokrat di Iowa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA