Selasa 12 Mar 2019 14:24 WIB

Kadin Indonesia-Rusia Perkuat Perdagangan

Kedua Kadin akan terus berkoordinasi dengan Rusia mengenai perdagangan dan industri.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ani Nursalikah
Presiden Russian Federation Chamber of Commerce and Industry (Kadin Rusia) saat berbicara di seminar Kadin di Jakarta, Selasa (12/3).
Foto: Republika/Fergi Nadira
Presiden Russian Federation Chamber of Commerce and Industry (Kadin Rusia) saat berbicara di seminar Kadin di Jakarta, Selasa (12/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Kadin Rusia mulai meningkatkan perdagangan di antara kedua negara. Perkembangan perdagangan antara Rusia dan Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat progresif.

Kunjungan Presiden Russian Federation Chamber of Commerce and Industry (Kadin Rusia), Sergey N Katyrin kepada Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani merupakan salah satu bentuk memperkuat niat kerja sama di antara kedua negara.

Baca Juga

"Kadin akan berperan aktif untuk lebih mempererat hubungan dagang ini. Apa pun yang kami bisa lakukan akan segera kita wujudkan," ujar Rosan saat membuka seminar Kadin dengan Rusia di Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (12/3).

Rosan mengatakan, kedua Kadin akan terus berkoordinasi dengan Rusia mengenai berbagai macam hal bidang perdagangan dan industri. Kadin Indonesia dalam hal ini, akan memfasilitasi pengusaha di indonesia.

Kadin kedua negara juga terus meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Rusia. Hal ini juga menjadi kesempatan bagi Indonesia memperkenalkan berbagai potensi investasi dan perdagangan kepada para pelaku bisnis di Rusia.

Sebagai kamar dagang yang menaungi ribuan UKM di Indonesia dan Rusia, kedua Kadin memberikan perhatian khusus kepada pertukaran informasi antar UKM di kedua negara. Rusia dan Indonesia, selain membawa misi mempererat hubungan dagang, Russian Federation Chamber of Commerce and Industry juga memperkenalkan kepada para pelaku bisnis di Indonesia sebuah perusahaan pameran terbesar di Rusia bernama Expocentre.

Expocentre merupakan salah satu perusahaan pameran terbesar di Rusia yang merupakan bagian dari Russian Federation Chamber of Commerce and Industry yang menyelenggarakan lebih dari 100 pameran setiap tahunnya. Melalui berbagai pameran yang diselenggarakan Expocentre ini, eksportir Indonesia dapat memamerkan produknya di Rusia.

Pameran yang digelar Expocentre juga menjadi pintu masuk terbaik bagi produk-produk Indonesia untuk dipasarkan di negara-negara di sekitar Rusia, termasuk Eropa Timur.  Untuk itu, Ketua Kadin Komite Rusia Didit Ratam menyambut baik ajakan dari delegasi Expocentre yang dipimpin oleh General Director Sergey S Bednov.

Didit mengatakan selama tiga tahun terakhir, Indonesia menunjukkan geliat perkembangan yang luar biasa dari dari pelaku UKM yang didukung oleh perkembangan teknologi saat ini. "Saya optimistis kunjungan delegasi Rusia bisa memberikan dampak positif ke Indonesia bagi dunia bisnis di Indonesia yang sedang giat melakukan gerakan ekspor," ujar Didit memimpin moderator pertemuan Rusia dan Indonesia.

Kadin Indonesia pun memfasilitasi pertemuan antara delegasi Expocentre dengan para pelaku ekonomi Indonesia lewat penyelenggaraan Presentation of JSC Expocentre.

Ketua Kadin Rusia, Sergey N Katyrin mengatakan, Rusia sangat ingin menjalin hubungan baik dengan Indonesia. Rusia juga selalu membantu pengusaha di Rusia mencari rekan bisnis yang tepat di Indonesia.

"Kami siap menunjuk orang yang bisa bekerja sama dengan Indonesia. Kami akan menjalin kerja sama informasi dengan Indonesia demi perkembangan hubungan perdagangan dengan Indonesia. Kami juga mengundang indonesia dalam pameran di Rusia," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement