Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Seniman Ilustrasikan Perasaan Terdalam Selandia Baru

Jumat 22 Mar 2019 16:45 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini

 Pemakaman korban teror penembakan masjid di Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3).

Pemakaman korban teror penembakan masjid di Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3).

Foto: AP/Mark Baker
Ilustrasi seniman muda Selandia Baru akan muncul di Majalah Time.

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Seorang seniman muda asal Wellington, Ruby Jones (25 tahun) telah diminta oleh Majalah Time untuk menggambar ilustrasi sampul majalah, yang didedikasikan bagi para korban penembakan di Christchurch. Majalah Time ingin menangkap perasaan terdalam Selandia Baru terhadap serangan teroris yang terjadi pada Jumat pekan lalu.

"Gambar sampul ini melambangkan kekuatan yang saya lihat dan rasakan saat ini di dunia. Tragedi serangan teroris di Christchurch telah membawa kita sebagai masyarakat menjadi lebih dekat. Saya memikirkan bahwa betapa pentingnya saat ini untuk berdiri bersama-sama di dunia ini," ujar Jones dilansir New Zealand Herald, Jumat (22/3).

Setelah serangan teroris tersebut, Jones juga membuat gambar lain yang menjadi viral dan dibagikan di media sosial. Gambar tersebut menunjukkan dua perempuan yang sedang berpelukan. Satu perempuan mengenakan jilbab, sedangkan perempuan lainnya tidak mengenakan jilbab. Di bawah gambar tersebut terdapat tulisan, "Ini rumah Anda, dan Anda seharusnya aman di sini".

Jones mengatakan, gambar tersebut mendapatkan respons yang luar biasa. Dia banyak menerima ribuan pesan yang menyentuh hati dari seluruh dunia mulai dari Pakistan, Bangladesh, Norwegia, hingga Paris.

Selain itu, gambar yang diunduh oleh Jones juga mendapatkan apresiasi dari komunitas Muslim di seluruh dunia. Jones mengatakan, komunitas Muslim dunia menyatakan bahwa gambar tersebut telah mewakili mereka.

"Banyak orang di Selandia Baru berterima kasih kepada saya karena menempatkan kesedihan mereka ke dalam gambar ketika mereka tidak dapat menemukan kata-kata itu sendiri. Dan dari komunitas Muslim di seluruh dunia, mereka telah memberi tahu saya betapa berartinya bagi mereka untuk melihat diri mereka sendiri dalam gambar," kata Jones.

Ilustrasi yang digambar oleh Jones akan terbit di sampul Majalah TIME edisi 1 April 2019. Jones mengatakan, dirinya ingin mempersembahkan ilustrasi gambar tersebut kepada 50 orang yang meninggal dunia akibat serangan teroris di Christchurch.

"Terima kasih kepada komunitas Muslim di Selandia Baru dan di seluruh dunia, yang telah menunjukkan kekuatan, kasih sayang, dan kebaikan," ujar Jones.

Jones menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern yang telah mendampingi rayatnya untuk melalui masa yang sangat menyakitkan dalam sejarah. Selain itu, Jones juga mengucapkan terima kasih kepada Time karena telah mempercayakan dirinya untuk menceritakan kisah-kisah penting yang perlu didengar dunia melalui ilustrasi.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA