Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Paus dan Raja Maroko Tandatangani Deklarasi Yerusalem

Ahad 31 Mar 2019 17:18 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Dwi Murdaningsih

Paus Fransiskus

Paus Fransiskus

Foto: EPA/Alesasandro Di Meo
Paus menyerukan upaya bersama mendorong dunia merangkul lebih banyak solidaritas.

REPUBLIKA.CO.ID, RABAT -- Paus Francis melakukan kunjungan ke Maroko pada Sabtu (30/3). Pada kesempatan itu, Paus Francis dan Raja Mohammed VI menandatangani deklarasi yerusalem . Deklarasi itu menyerukan pelestarian Yerusalem, warisan bersama umat manusia dan simbol koeksistensi damai tiga agama dunia, yakni Kristen, Islam serta Yahudi.

Hak pemeluk ketiga agama itu untuk beribadah di Yerusalem harus dijamin. Hal itu penting guna masa depan perdamaian dan persaudaraan. Kunjungan itu dia manfaatkan untuk mempromosikan dialog antaragama.

Baca Juga

Dalam kunjungannya, Paus Francis bertemu dengan Raja Maroko Mohammed VI di Rabat. Seusai pertemuan tersebut, dia menyerukan upaya bersama mendorong dunia merangkul lebih banyak solidaritas.

Menurutnya, budaya dialog, kerja sama, dan saling tenggang rasa harus diimplementasikan untuk membangun masyrakat dalam solidaritas. Sementara itu Raja Mohammed VI mengapresiasi kunjungan paus Francis.

Raja Mohammed VI menyoroti tentang merebaknya paham radikalisme dan ekstremisme. Menurut dia, hal itu harus dilawan dengan menggunakan pendidikan agama yang lebih baik.

"Sudah waktunya untuk menolak eksploitasi agama sebagai alasan ketidaktahuan dan intoleransi," ucap Raja Mohammed VI, dikutip laman Anadolu Agency.




BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA