Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Hamas Ucapkan Selamat untuk Erdogan

Selasa 02 Apr 2019 13:46 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah

Poster yang menunjukkan gambar diri kandidat wali kota Istanbul Binali Yildirim (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang merupakan pemimpin AK Party, sehari setelah pemilihan lokal di Istanbul, Senin (1/4).

Poster yang menunjukkan gambar diri kandidat wali kota Istanbul Binali Yildirim (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang merupakan pemimpin AK Party, sehari setelah pemilihan lokal di Istanbul, Senin (1/4).

Foto: AP Photo/Emrah Gurel
AK Party dimana Erdogan bernaung unggul dengan 52,5 persen suara.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Kelompok Hamas di Gaza memberikan selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas kemenangan partainya dalam pemilihan umum (pemilu) lokal. Mereka memberikan selamat kepada AK Party atas kemenangannya dalam pemilu lokal.

Baca Juga

"Hamas memberi selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan rakyat Turki atas keberhasilan pemilihan lokal, yang menarik banyak pemilih dan mencerminkan betapa beradabnya rakyat Turki. Mereka menunjukkan contoh yang baik dari proses demokrasi," ujar Hamas dalam pernyataan di situsnya, dilansir di Anadolu Agency, Selasa (2/4).

Hamas berharap, Turki di masa depan dapat menjadi negara yang makmur dan sejahtera. Sebelumnya, pada Ahad (31/3) lalu jutaan warga Turki memberikan hak suara mereka secara nasional dalam pemilu.

Mereka memilih wali kota, anggota dewan kota, muhktars (pejabat lingkungan masyarakat) dan anggota dewan senior untuk lima tahun ke depan. Dikutip dari Aljazirah, berdasarkan hasil sementara, AK Party unggul dengan 52,5 persen suara dari jumlah pemilih 75 persen yang sudah menyalurkan suaranya.

Kemudian Nation Alliance yang merupakan koalisi dari partai oposisi (CHP) mendapat suara 37,2 persen. Sementara itu, People's Alliance (Cumhur Ittifaki) mengumpulkan mayoritas suara atau 51,62 persen melawan saingan mereka Nation Alliance (Millet Ittifaki).

People's Alliance terdiri dari AK Party dan Nationalist Movement Party (MHP) yang bergabung untuk memenangkan pemilihan. Oposisi mereka telah membentuk Nation Alliance yang menyatukan Republican People's Party (CHP).

Good Party dan Felicity party bersama-sama mendukung kandidat satu sama lain dalam pemilihan lokal. Partai itu menerima 37,56 persen suara di seluruh Turki. Jumlah pemilih dalam pemilihan lokal adalah 84,67 persen dengan 48,3 juta suara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA