Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Usai Mencoblos WNI di Houston Dangdutan

Ahad 14 Apr 2019 17:59 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ani Nursalikah

Para WNI di Houston memeriahkan hari pencoblosan di KJRI (Konsulat Jendral) Houston, Sabtu (13/4).

Para WNI di Houston memeriahkan hari pencoblosan di KJRI (Konsulat Jendral) Houston, Sabtu (13/4).

Foto: dok. KJRI Houston
Pemilu di Houston dimeriahkan dengan panggung hiburan dan bazar.

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- Suasana pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) 2019 terasa di beberapa negara di luar negeri yang sudah melakukan pencoblosan lebih awal, termasuk di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS). Pemilu di Houston digelar pada Sabtu (13/4) waktu setempat.

Baca Juga

Ribuan warga negara Indonesia (WNI) datang dan menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) di Gedung Kantor Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Houston. Pemilu di Houston kali ini terasa berbeda dari pemilu sebelumnya.

Pemilu tahun ini benar-benar menjadi ajang pesta rakyat, sebab selain menyediakan tempat pemungutan suara, KJRI Houston juga menggelar bazar Indonesia Spring Market 2019 yang diisi oleh lebih dari 40 booth.

Para vendor menjual berbagai suvenir, pakaian, dan jajanan khas Indonesia. Bazar dihadiri oleh pengunjung baik masyarakat Indoensia maupun masyarakat lokal AS.

Dalam memeriahkan suasana pemilu dan mengobati kerinduan pada Tanah Air, KJRI Houston juga membuka panggung hiburan dengan berbagai penampilan tari dan karaoke dangdut oleh para pengujung. Konjen RI Nana Yuliana mengatakan, dangdut menyatukan rakyat.

photo
Para wni di houston memeriahkan hari pencoblosan di KJRI (Konsulat Jendral) Houston, Sabtu (13/4).

Spring market dengan nuansa persatuan dan kesatuan juga diadakan karena pemilu bukan hanya pesta demokrasi melainkan juga pesta rakyat. "Kami berharap tahun ini jumlah pemilih lebih banyak dari pemilu sebelumnya," ujar Nana dalam rilis pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (14/4).

Jumlah WNI yang datang ke TPS pun meningkat dari pemilu sebelumnya. Pada 2009, WNI yang mencoblos langsung ke TPS sebanyak 214 orang. Jumlah ini meningkat menjadi 747 pada 2014. Pada 2019 ini, jumlah WNI yang melakukan mencoblos hingga berita ini diturunkan sebanyak 825 orang.

Tidak hanya dari Houston, para pemilih juga datang dari Austin, San Antonio, Dallas, dan kota-kota lain di Texas yang berjarak 3-5 jam dari KJRI.  KJRI Houston memiliki wilayah kerja di 12 negara bagian AS, mulai dari New Mexico hingga Florida, juga US Virgin Islands dan Puerto Rico. Dalam catatan KJRI, terdapat setidaknya 20.748 WNI di wilayah kerja KJRI, dengan 6067 diantaranya memiliki hak pilih.

Pencoblosan di perwakilan RI di Amerika Utara diselenggarakan serentak pada tanggal 13 April 2019, lebih dulu dari pencoblosan di Indonesia yang baru dilaksanakan pada tanggal 17 April nanti. Di Houston sendiri terdapat setidaknya 19 organisasi kemasyarakatan Indonesia dengan berbagai latar belakang agama, suku, maupun profesi. Kemeriahan pelaksanaan pemilu ini menyatukan masyarakat Indonesia di Houston yang jauh dari Tanah Air.

photo
Para WNI di Houston memeriahkan hari pencoblosan di KJRI (Konsulat Jendral) Houston, Sabtu (13/4)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA