Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Para Pendaki Palestina Kibarkan Bendera di Gunung Everest

Jumat 26 Apr 2019 11:15 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani

Pendaki gunung Everest

Pendaki gunung Everest

Foto: Foxnews
27 pendaki Palestina mengibarkan Bendera di Gunung Everest

REPUBLIKA.CO.ID, BETHLEHEM -- Setelah menempuh perjalanan sejauh 100 kilometer selama enam hari, sebanyak 27 warga Palestina yang terdiri dari laki-laki dan perempuan akhirnya mencapai pos pemberhentian puncak Gunung Everest di ketinggian 5.400 meter di atas permukaan laut.

Pihak penyelenggara pendakian, Climbing For Palestine memposting di halaman jejaring sosial Facebook-nya tentang pencapaian dan kondisi 27 warga Palestina yang mendaki ke Everest.

“Kami 12 wanita dan 16 pria dari Palestina. Kita 27 orang telah berhasil mencapai pemberhentian Gunung Everest pada ketinggian 5.400 meter di atas permukaan laut,” dalam pernyataan Climbing for Palestine seperti dilansir Maan News pada Jumat (26/4).

Sesampainya di ketinggian 5.400 meter di atas permukaan laut itu, para pendaki Palestina mengibarkan bendera Palestina dan slogan yang berisi dukungan terhadap tahanan Palestina dan Yerusalem.

“Kami mengibarkan bendera Palestina dan slogan solidaritas para tahanan dan Yerusalem, paling tidak ini yang bisa kami lakukan untuk tujuan Palestina,” dalam keterangan kelompok pendaki itu.

Kelompk pendaki Palestina telah memulai pendakian pada 19 April. Sebagai bagian dari petualangan olahraga gunung dengan tujuan menempatkan Pestina termasuk di antara negara-negara yang telah lakukan pendataan gunung Everest yang terletak di Himalaya atau perbatasan antara Cina dan Nepal.

Diketahui puncak gunung Everest memiliki ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut. Itu menjadikan Everest sebagai gunung tertinggi di dunia yang membuat lebih menantang untuk mencapainya. Meski berbahaya, gunung Everest telah menarik banyak pendaki, beberapa diantaranya merupakan pendaki gunung yang berpengalaman. Kendati telah ada sekitar 4.000 orang yang melakukan pendakian ke puncak Everest sejak 1953, namun lebih dari 296 orang telah tewas dalam upaya mencapai puncak Everest.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA