Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Puluhan Warga Venezuela Tenggelam di Trinidad

Jumat 26 Apr 2019 20:08 WIB

Red: Nur Aini

Warga mengantre air bersih dan pil pemurni air saat bantuan kemnausiaan pertama Palang Merah tiba di Caracas, Venezuela, Selasa (17/4).

Warga mengantre air bersih dan pil pemurni air saat bantuan kemnausiaan pertama Palang Merah tiba di Caracas, Venezuela, Selasa (17/4).

Foto: AP Photo/Ariana Cubillos
Warga Venezuela tenggelam saat menuju Trinidad dan Tobago.

REPUBLIKA.CO.ID, GUIRIA -- Sedikitnya 21 warga Venezuela hilang setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam dalam perjalanan menuju negara kepulauan Karibia, Trinidad dan Tobago. Hal itu diungkapkan badan pengungsi PBB pada Jumat, mengutip informasi dari penjaga pantai negara tersebut.

Baca Juga

Kapal Jhonnaly Joseasedang membawa sedikitnya 25 penumpang asal Kota Guiria di Venezuela ketika terbalik pada Rabu dini hari, ungkap juru bicara UNHCR, Babar Baloch saat konferensi pers PBB di Jenewa.

"Insiden tragis ini menyoroti risiko ekstrem perjalanan laut dan penyeberangan ilegal lainnya yang dilakukan oleh para pengungsi dan migran. Ini juga menggarisbawahi keputusasaan mereka yang terpaksa meninggalkan rumah dan menghadapi kesulitan yang luar biasa dalam perjalanannya," kata dia.

UNHCR melaporkan bahwa lebih dari tiga juta warga Venezuela telah menyelamatkan diri dari negara Amerika Selatan tersebut sejak 2014 akibat merebaknya krisis pangan dan obat-obatan serta memburuknya hukum dan ketertiban. Empat dari 25 penumpang berhasil diselamatkan oleh penjaga pantai Trinidad dan Tobago dalam upaya pencarian dan penyelamatan bersama yang dilakukan oleh rekan-rekan Venezuela. Mereka kemudian dibawa pulang kembali ke Venezuela.

Trinidad dan Tobago berada di sekitar 70 km dari lepas pantai utara Venezuela.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA