Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Jenderal AS akan Kerahkan Sumber Daya Lawan Iran

Selasa 30 Apr 2019 10:53 WIB

Red: Ani Nursalikah

Kilang minyak Iran.

Kilang minyak Iran.

Foto: Iranian Presidency Office via AP
Jenderal McKenzie meyakini memiliki sumber daya untuk menghalangi Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kepala Komando Pusat Amerika Serikat, Jenderal Kenneth McKenzie pada akhir pekan mengatakan Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan seluruh sumber daya yang diperlukan untuk melawan setiap aksi berbahaya Iran.

"Kami akan terus membicarakan dengan mitra dan kawan kami di kawasan tersebut guna memastikan kami membuat alasan lazim terhadap ancaman Iran," demikian Sky News Arabia, yang mengutip McKenzie saat melakukan kunjungan resmi ke kawasan Teluk.

Dalam transkip yang dirilis lembaga penyiaran tersebut, dia meyakini memiliki sumber daya yang diperlukan untuk menghalangi Iran mengambil aksi yang menurutnya dapat membahayakan. "Kami bersedia menangapi secara efektif," ujarnya.

Ketegangan antara Teheran dan Washington meningkat sejak pemerintahan Trump tahun lalu menarik diri dari kesepakatan nuklir internasional dengan Iran dan mulai memberlakukan sanksi kembali. Sebelumnya bulan ini, Amerika Serikat memasukkan ke daftar hitam kelompok elite Pengawal Revolusi Iran.

Washington pada Senin meminta para pengimpor minyak Iran menghentikan pembelian mulai 1 Mei atau menghadapi sanksi. Permintaan itu mengakhiri keringanan selama enam bulan yang mengizinkan delapan pengimpor terbesar Iran, kebanyakan dari Asia, untuk terus mengimpor minyak secara terbatas. Presiden Iran Hassan Rouhani dan sejumlah komandan militer senior mengancam akan mengacaukan pengiriman minyak dari negara-negara Teluk jika Washington berusaha menghentikan ekspor minyak Teheran.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA