Rabu 08 May 2019 07:57 WIB

Trump Dukung Rencana Bantuan Makanan untuk Korut

Setengah populasi Korut menderita kelangkaan pangan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah
Anak-anak Korea Utara (Korut) saat tur di Sungai Yalu di Sinuiju, dekat Kota Dandong yang berbatasan dengan Cina, 8 Mei 2016.
Foto: REUTERS/Jacky Chen
Anak-anak Korea Utara (Korut) saat tur di Sungai Yalu di Sinuiju, dekat Kota Dandong yang berbatasan dengan Cina, 8 Mei 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Korea Selatan (Korsel) mengatakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendukung rencana mereka menyediakan bantuan makanan kemanusiaan kepada Korea Utara (Korut). Kantor berita Korsel Yonhap melaporkan Presiden Korsel Moon Jae-in berbicara selama 35 menit dengan Trump.

Pada Rabu (8/5), Yonhap melaporkan melalui sambungan telpon kedua pemimpin negara itu membahas cara melanjutkan dialog dengan Pyongyang. Gedung Putih belum menanggapi permintaan komentar tentang hal ini.

Baca Juga

Pada April lalu Trump sempat ditanya tentang apakah meringankan sanksi ke Korut. Trump menjawab ia dan Moon tengah membahas hal-hal kemanusiaan dan kemungkinan Korsel membantu Korut dengan makanan. Pada Jumat pekan lalu, PBB merilis laporan yang menyebutkan setengah populasi Korut menderita kelangkaan pangan.

photo
Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un bertemu di Vietnam.

Ransum yang sudah disedikit juga kemungkinan akan dipotong. Gelombang panas, musim kemarau, dan banjir menyebabkan hasil panen memburuk.

Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un sudah bertemu dua kali. Tapi pembicaraan keduanya berakhir dengan kebuntuan.

Pada Sabtu lalu Korut menembakan rudal ke lepas pantai. Tapi Trump dan pemerintahannya tetap tenang dalam uji

coba senjata Korut kali ini.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement