Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Menlu Iran Kecam Veto Trump dalam Resolusi Yaman

Kamis 18 Apr 2019 11:08 WIB

Red: Ani Nursalikah

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif.

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif.

Foto: The Guardian
Trump mengatakan resolusi tersebut membahayakan nyawa warga Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif, Rabu (16/4), mengecam veto Presiden AS Donald Trump terhadap resolusi yang menyeru AS agar mengakhiri dukungan dukungan buat perang pimpinan Arab Saudi di Yaman.

Pada Selasa, Trump memveto resolusi tersebut dan menyatakan resolusi itu membahayakan nyawa warga Amerika serta anggota prajurit yang pemberani. Peraturan tersebut menyerukan War Power Resolution, peraturan federal yang memberi Kongres wewenang untuk memeriksa presiden dan pada saat yang sama menyampaikan komitmen AS pada konflik bersenjata.

Arab Saudi telah memimpin koalisi melawan milisi Syiah Yaman, Al-Houthi sejak 2015. Saat itu Arab Saudi dan sekutu Arabnya melancarkan operasi udara besar dengan tujuan memutar-balikkan perolehan wilayah Al-Houthi setahun sebelumnya.

Operasi tersebut telah memporak-porandakan prasarana di Yaman, termasuk sistem kebersihan dan kesehatannya. PBB menggambarkannya sebagai salah satu bencana kemanusiaan yang paling parah pada zaman modern.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA