Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Wapres JK Hadiri Christchurch Call Bahas Terorisme

Rabu 15 Mei 2019 19:03 WIB

Red: Nur Aini

Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Prancis untuk menghadiri acara The Christchurch Call to Action di Istana Elysee, Paris, dalam rangka membicarakan persoalan teroris, Rabu (15/5).

Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Prancis untuk menghadiri acara The Christchurch Call to Action di Istana Elysee, Paris, dalam rangka membicarakan persoalan teroris, Rabu (15/5).

Foto: dok. Istimewa
Wapres JK akan bicara pengalaman Indonesia hadapi terorisme.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak menuju Paris, Prancis menghadiri acara The Christchurch Call to Action di Istana Elysee membahas pencegahan terorisme melalui penggunaan dunia digital.

Baca Juga

"Kita sekarang akan berbicara pengalaman Indonesia menghadapi teroris dan juga ideologi," kata Wapres JK di Jenewa, Swiss pada Rabu (15/5).

Menurut Wapres, Indonesia adalah salah satu negara yang berhasil meredam ideologi radikal. Namun, kata JK, saat ini ideologi negatif dapat tersebar melalui teknologi digital maupun internet.

JK menambahkan harus ada kerja sama antara pemerintah dengan pihak swasta penyedia sambungan internet untuk dapat menyaring informasi negatif.

"Selama ini boleh dibilang upaya lebih banyak dari pemerintah, kalau kita Densus 88 dan BNPT, semuanya pemerintah. Sekarang kita sepakat semunya besok declare bahwa provider-provider ikut serta mengatasi karena mereka bisa menyebar dengan cepat masalah (terorisme)," ungkap Wapres.

Dia menjelaskan saat ini ideologi radikal diserap tidak hanya oleh masyarakat kelas ekonomi bawah, tetapi juga oleh kalangan kaum berada. Hal itu dinilai Wapres terjadi karena pengaruh mengkaji ideologi radikal melalui internet.

Wapres hadir ke acara itu sebagai undangan dari Presiden Prancis Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri New Zealand Jacinda Ardern. Wapres direncanakan berangkat dari Jenewa, Swiss menumpang pesawat menuju Bandara Le Bourget, Paris, pada pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB. Usai acara tersebut, Wapres kembali ke Jenewa, Swiss pada Rabu malam.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA