Minggu, 24 Zulhijjah 1440 / 25 Agustus 2019

Minggu, 24 Zulhijjah 1440 / 25 Agustus 2019

Dua Pendaki India Tewas Saat Turun dari Gunung Himalaya

Kamis 16 Mei 2019 15:24 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah

Puncak Pegunungan Himalaya

Puncak Pegunungan Himalaya

Foto: AP PHOTO
Dua pendaki India tidak bisa turu karena terkena hipotermia dan gangguan salju.

REPUBLIKA.CO.ID, KATHMANDU -- Dua pendaki India tewas di atas Camp IV Gunung Kanchenjunga. Keduanya tewas saat turun dari puncak gunung Himalaya Rabu malam (15/5).

Baca Juga

Berdasarkan laporan Peak Promotion Pvt Ltd, Biplab Baidya (48 tahun) dan Kuntal Karar (46) menghembuskan nafas terakhir mereka di atas Camp IV. Mereka tidak dapat melanjutkan perjalanan turun karena terkena hipotermia dan gangguan salju.

Menurut sesama pendaki, insiden itu terjadi ketika keduanya dibawa ke Camp IV dari ketinggian 8.400 meter melalui operasi penyelamatan herculean yang dipimpin tim Project Possible. Tim ini dipimpin oleh Nirmal 'Nims' Purja bersama dengan anggota lainnya, yakni Mingma David Sherpa dan Gesman Tamang.

"Mereka tidak dapat melanjutkan perjalanan karena penyakit pada ketinggian tinggi," Manajer di Peak Promotion Pvt Ltd, Pasang Sherpa, dilansir Himalayan Times, Kamis (16/5).

Biplab berhasil mencapai titik puncak, sedangkan Kuntal jatuh sakit dalam perjalanan ke puncak gunung. Mereka adalah bagian dari tim lima anggota pendaki Benggala Barat.

Seorang pendaki dari Cile hilang dari atas Camp IV Gunung Kanchenjunga sejak malam terakhir. Sherpa mengatakan, Rodrigo Vivanco dari Chili hilang di atas Camp IV pada saat turun setelah dilaporkan berhasil mencapai puncak pada sore hari kemarin.

Sherpa menambahkan, sebuah tim telah berangkat ke Camp IV untuk mencari jenazah Vivacano. Ratusan pendaki berada di puncak Himalaya yang berbeda selama musim pendakian yang berakhir pada bulan ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA