Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Trump Tangguhkan Penerapan Tarif Terhadap Meksiko

Ahad 09 Jun 2019 00:13 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Andri Saubani

Presiden Donald Trump menggelar buka bersama di Gedung Putih

Presiden Donald Trump menggelar buka bersama di Gedung Putih

Foto: Manuel Balce Ceneta/AP Photo
Trump mengklaim tercapainya kesepakatan pencegahan arus migran dari Meksiko.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden amerika serikat (AS) donald trump telah menangguhkan rencana penerapan tarif terhadap produk-produk asal Meksiko. Hal itu menyusul tercapainya kesepakatan tentang keharusan Meksiko mengambil tindakan untuk mencegah arus migran ke AS.

"Saya senang memberitahu Anda bahwa AS telah mencapai kesepakatan yang ditandatangani dengan Meksiko. Tarif yang dijadwalkan akan dilaksanakan AS pada Senin (10/6), terhadap Meksiko, dengan ini ditangguhkan tanpa batas waktu," kata Trump melalui akun Twitter pribadinya pada Jumat (7/6).

Baca Juga



Trump mengungkapkan, Meksiko telah setuju mengambil langkah-langkah tegas guna membendung gelombang migran yang melintasi Meksiko dan menuju perbatasan AS. "Ini dilakukan untuk sangat mengurangi atau melenyapkan imigrasi ilegal yang datang dari Meksiko dan ke AS," ujarnya.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador telah menegaskan keinginannya untuk menghindari konfrontasi dengan Pemerintah AS. Ia berkomitmen tetap berteman dan menjalin hubungan baik dengan Trump.

Pada Kamis lalu, Menteri Pertahanan Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan akan mengerahkan pasukan ke perbatasan negaranya dengan Guatemala. Itu merupakan respons atas ancaman Trump yang hendak memberlakukan tarif terhadap produk-produk Meksiko.

"Kami menjelaskan bahwa ada 6.000 orang dan bahwa mereka akan dikerahkan ke sana (perbatasan Meksiko-Guatemala)," ujar Ebrard.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA