Kamis 13 Jun 2019 17:39 WIB

Rusia dan Turki Mediasi Genjatan Senjata di Idlib Suriah

Rusia dan Turki mediator gejatan senjata antara Suriah dan pemberontak.

Asap membubung setelah serangan udara pasukan Suriah dan Rusia mengenai Kota al-Habeet, selatan Idlib, Suriah, Ahad (19/5).
Foto: Syrian Civil Defense White Helmets via AP, File
Asap membubung setelah serangan udara pasukan Suriah dan Rusia mengenai Kota al-Habeet, selatan Idlib, Suriah, Ahad (19/5).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW— Rusia dan Turki menjadi mediator gencatan senjata antara pasukan Pemerintah Suriah dan pemberontak di Provinsi Idlib, Suriah.

Militer Rusia mengatakan, gencatan senjata diberlakukan ke lokasi, yang disebutnya sebagai zona deeskalasi Idlib dan telah mengurangi secara signifikan kekerasan pada Rabu, sebagaimana laporan beberapa kantor berita Rusia yang mengutip militer pada Rabu (12/6).

Baca Juga

Mereka tidak menyebutkan berapa lama gencatan senjata tersebut berlangsung. Idlib merupakan benteng terakhir pemberontak.

Menurut Pertahanan Sipil kepada Reuters, penembakan secara intensif terus berlangsung di sejumlah kota di Provinsi Idlib selatan dan Hama utara setelah tengah malam, ketika gencatan senjata seharusnya sudah diberlakukan di lokasi tersebut.  

Kekerasan di Provinsi Idlib dan Hama di dekatnya menandai peningkatan bentrokan militer terbesar antara Presiden Bashar al-Assad dan musuh-musuh pemberontak sejak musim panas lalu.

Puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka, yang banyak di antaranya mencari perlindungan ke perbatasan Turki guna menghindari serangan udara yang menelan korban jiwa.

sumber : Reuters/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement