Jumat 21 Jun 2019 22:56 WIB

FIFA Desak Iran Izinkan Perempuan Masuk Stadion Sepak Bola

FIFA meminta Iran mengizinkan perempuan menyaksikan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Red: Nur Aini
Perempuan Iran sedang melintas di salah satu sudut kota.
Foto: EPA
Perempuan Iran sedang melintas di salah satu sudut kota.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden FIFA Gianni Infantino mendesak Iran membolehkan perempuan datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan sepak bola babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dalam suratnya kepada Federasi Sepak Bola Iran bertanggal 18 Juni, Infantino mengungkapkan kesannya ketika menghadiri pertandingan final Liga Champions Asia antara tuan rumah Persepolis dan Kashima Antlers Jepang November lalu. Saat itu, untuk pertama kalinya dalam 40 tahun di Iran suporter perempuan diperbolehkan masuk stadion.

Baca Juga

Infantino, dalam suratnya yang dipantau AFP, Jumat, mengacu pada "langkah penting pertama" itu. Namun ia menyesali karena perempuan tidak diizinkan lagi masuk stadion saat pertandingan persahabatan antara Iran dan Suriah awal bulan ini, bahkan sejumlah perempuan yang mencoba memaksa masuk stadion akhirnya ditangkap petugas keamanan dan ditahan beberapa jam.

"Sayangnya, saya juga harus mengatakan, hal ini tidak sejalan dengan komitmen Presiden Iran Hassan Rouhani kepada kami Maret 2018 lalu bahwa akan ada kemajuan penting dalam masalah ini segera," kata Infantino.

Infantino meminta pihak berwenang Iran untuk melakukan "langkah konkret" sebelum 15 Juli ini yakni membolehkan perempuan menyaksikan pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2020 yang dimulai September 2019. Ia juga mengingatkan bahwa perempuan semakin mendapat tempat di dunia sepak bola, mengacu pada penyelenggaraan Piala Dunia Putri 2019 yang sedang berlangsung di Prancis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement