Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Hasil Pemilihan Umum Istanbul Perkuat Lira

Senin 24 Jun 2019 15:43 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah

Kandidat wali kota Republican People’s Party (CHP) Ekrem Imamoglu melambaikan tangan kepada pendukungnya saat merayakan kemenangan di Istanbul, Ahad (23/6).

Kandidat wali kota Republican People’s Party (CHP) Ekrem Imamoglu melambaikan tangan kepada pendukungnya saat merayakan kemenangan di Istanbul, Ahad (23/6).

Foto: Onur Gunay/Imamoglu Media team via AP
Oposisi kembali menang dalam pemilihan kepala daerah Istanbul, Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Mata uang Turki lira dibuka menguat dibandingkan dolar AS. Penguatan ini didorong hasil pemilihan umum wali kota Istanbul dalam pemungutan suara ulang.

Baca Juga

Oposisi kembali menang dalam pemilihan kepala daerah Istanbul. Pada Senin (24/6), dolar AS diperdagangkan 5,717 lira, naik dua persen dalam beberapa jam setelah Ekrem Imamoglu dinyatakan menang.

Imamoglu berhasil mengalahkan kandidat yang didukung Presiden Reccep Tayyep Erdogan. Hal ini menandai perubahan besar pertama pemerintahan kota selama 25 tahun terakhir.

Sekitar 10 ribu pendukung partai oposisi bergabung dalam merayakan kemenangan ini. Mereka berkumpul dalam suasana pesta setelah pengumuman kemenangan diumumkan.

Imamoglu sebenarnya sudah dinyatakan menang dalam pemungutan suara Maret lalu. Tapi karena Erdogan dan partainya AKP mendesak komisi pemilihan umum maka hasil pada Maret dianulir.

Dewan Pemilihan Umum Turki menyatakan terjadi penyimpangan dalam hasil pemungutan suara Maret. Akhirnya pemungutan suara ulang dilakukan pada Ahad (23/6).

Oposisi utama Turki mengklaim kemenangan yang menentukan dalam pemilihan wali kota yang dijalankan kembali di Istanbul pada Ahad (23/6). Hasil ini memberikan salah satu pukulan terbesar kepada Presiden Tayyip Erdogan selama 16 tahun berkuasa.

Ekrem Imamoglu, kandidat wali kota Republican People’s Party (CHP), memimpin dengan 54 persen suara berbanding 45 persen untuk kandidat Partai Keadilan dan Pembangungan (AKP) Erdogan. Sebanyak lebih dari 99 persen surat suara telah dibuka.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA