Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kanselir Jerman Angela Merkel Kembali Terlihat Gemetar di Berlin

Jumat 28 Jun 2019 08:39 WIB

Rep: deutsche-welle/ Red:

Kanselir Jerman Angela Merkel Kembali Terlihat Gemetar di Berlin

Kanselir Jerman Angela Merkel Kembali Terlihat Gemetar di Berlin

Kanselir Jerman Angela Merkel tampak limbung di sebuah acara di Berlin

Kanselir Jerman Angela Merkel tampak limbung di sebuah acara di Berlin pada hari Kamis (27/06) dan terlihat gemetar dan lemas. Ini adalah peristiwa kedua kedua kalinya dalam beberapa pekan terakhir.

Insiden itu terjadi saat upacara perpisahan untuk Menteri Kehakiman Katarina Barley. Dalam video acara tersebut, kanselir terlihat gemetar berdiri di sebelah Presiden Jerman Frank Walter-Steinmeier.

Merkel ditawarkan segelas air, tetapi dia menolaknya. Wartawan juga mengatakan dia tampak baik-baik saja ketika 30 menit kemudian tiba di parlemen Jerman, Bundestag.

Juru bicara Merkel mengatakan kepada wartawan bahwa kanselir akan terus mengambil bagian dalam acara pelantikan menteri kehakiman baru Jerman, Christine Lambrecht. Merkel kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Jepang untuk pertemuan G20 akhir pekan ini.

"Semuanya berjalan sesuai rencana. Kanselir baik-baik saja," kata Juru Bicara Pemerintah Steffen Seibert.

Kekhawatiran masalah kesehatan di tengah gelombang panas

Selasa lalu, seluruh tubuh Angela Merkel terlihat bergetar ketika dia berdiri di luar bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, sehingga memicu kekhawatiran publik tentang kesehatannya.

Kanselir Jerman itu kemudian mengatakan bahwa dia hanya lupa minum cukup air selama cuaca panas saat itu, tetapi dia merasa lebih baik setelah meminum tiga gelas air. Jerman dan Eropa saat ini sedang mengalami gelombang panas.

Kasus serupa pernah terjadi dua tahun lalu, pada Juni 2017 saat berkunjung ke Meksiko, di mana kaki Merkel terlihat gemetaran ketika dia disambut oleh parade militer. Saat itu diduga karena ketinggian kota Mexico City.

Kesibukan pemimpin Jerman itu memang silih berganti tanoa henti. Hari Kamis (27/06), Angela Merkel akan terbang ke Jepang untuk menghadiri pertemuan G20 sebelum menuju ke Brussel untuk membahas kepemimpinan Komisi Eropa di masa depan.

vlz/hp (dpa, rtr, ap)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA