Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

China Harap Penjabat Menhan AS Hindari Permusuhan

Jumat 28 Jun 2019 06:19 WIB

Red: Ani Nursalikah

Penjabat Menteri Pertahanan AS Mark Esper di Washington, Senin (24/6).

Penjabat Menteri Pertahanan AS Mark Esper di Washington, Senin (24/6).

Foto: AP Photo/Andrew Harnik
China dan AS terlibat perang dagang.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China berharap kepala pertahanan Amerika Serikat yang baru berupaya menghindari permusuhan dengan China. Hal tersebut merupakan reaksi resmi pertama militer China terhadap penunjukan Penjabat Menteri Pertahanan AS Mark Esper.

Dua ekonomi terbesar dunia itu terseret dalam perang dagang dan juga memiliki perselisihan militer yang meluas, termasuk mengenai pembangunan pulau China di Laut China Selatan yang dipersengketakan dan dukungan AS untuk Taiwan, yang diklaim China sebagai bagiannya.

Dalam konferensi pers, juru bicara Kementerian Pertahanan China, Ren Guoqiang menuturkan telah mengamati perubahan posisi di Pentagon setelah penunjukan Esper menyusul pengunduran diri Patrick Shanahan bulan ini. China mempunyai kepentingan besar dalam hubungan militernya dengan Amerika Serikat dan hubungan yang sehat dan stabil dalam bidang ini baik bagi kedua negara maupun yang diharapkan dunia.

"Kami berharap selama Penjabat Menteri Pertahanan Esper berkuasa, Amerika Serikat dapat bekerja sama dengan China untuk mewujudkan konsensus penting dari kedua pemimpin dan berpegang pada haluan untuk tidak memiliki konflik maupun permusuhan," katanya, Kamis (27/6).

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA