Selasa 09 Jul 2019 04:45 WIB

Astronaut Kulit Hitam Afrika Meninggal Sebelum Jalankan Misi

Sebelumnya, astronaut yang berasal dari Afrika Selatan adalah orang kulit putih.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Mandla Maseko
Foto: ABC
Mandla Maseko

REPUBLIKA.CO.ID, PRETORIA -- Seorang pria Afria Selatan yang berhasil memenangkan kesempatan pergi ke luar angkasa, Mandla Maseko meninggal dunia. Pria berusia 30 tahun ini meninggal karena kecelakaan motor pada akhir pekan lalu.

Dilansir di ABC.net.au, selama sejarah penjelajahan luar angkasa, astronaut yang berasal dari Afrika Selatan adalah orang kulit putih. Mereka adalah Mike Melvill dan Mark Shuttleworth. Sementara itu, astronaut yang berkulit hitam berasal dari Amerika Serikat atau Kuba.

Maseko menjadi terkenal dan merupakan inspirasi bagi masyarakat Afrika Selatan ketika ia memenangkan kompetisi internasional untuk mendapatkan tempat di Axe Apollo Space Academy. Dia melakukan pelatihan selama satu pekan di Kennedy Space Center Amerika Serikat pada tahun 2015.

"Saya ingin bisa melayang dan melihat di luar jendela, dan melihat bola biru dan putih bundar besar yang disebut Bumi," kata Maseko pada Associated Press pada 2014.

Astronot pemula yang datang dari kota miskin ini mengatakan panutannya adalah Nelson Mandela. Ia menilai, Mandela adalah seseorang yang berhasil membuka jalan baru dengan menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan.

Meskipun pada akhirnya, Maseko tidak berhasil menjelajahi luar angkasa, usahanya tetap diakui. Dia pernah bekerja sebagai DJ paruh waktu dan merupakan kandidat perwira di angkatan udara Afrika Selatan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement