Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Astronaut Kulit Hitam Afrika Meninggal Sebelum Jalankan Misi

Selasa 09 Jul 2019 04:45 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Dwi Murdaningsih

Mandla Maseko

Mandla Maseko

Foto: ABC
Sebelumnya, astronaut yang berasal dari Afrika Selatan adalah orang kulit putih.

REPUBLIKA.CO.ID, PRETORIA -- Seorang pria Afria Selatan yang berhasil memenangkan kesempatan pergi ke luar angkasa, Mandla Maseko meninggal dunia. Pria berusia 30 tahun ini meninggal karena kecelakaan motor pada akhir pekan lalu.

Dilansir di ABC.net.au, selama sejarah penjelajahan luar angkasa, astronaut yang berasal dari Afrika Selatan adalah orang kulit putih. Mereka adalah Mike Melvill dan Mark Shuttleworth. Sementara itu, astronaut yang berkulit hitam berasal dari Amerika Serikat atau Kuba.

Maseko menjadi terkenal dan merupakan inspirasi bagi masyarakat Afrika Selatan ketika ia memenangkan kompetisi internasional untuk mendapatkan tempat di Axe Apollo Space Academy. Dia melakukan pelatihan selama satu pekan di Kennedy Space Center Amerika Serikat pada tahun 2015.

"Saya ingin bisa melayang dan melihat di luar jendela, dan melihat bola biru dan putih bundar besar yang disebut Bumi," kata Maseko pada Associated Press pada 2014.

Astronot pemula yang datang dari kota miskin ini mengatakan panutannya adalah Nelson Mandela. Ia menilai, Mandela adalah seseorang yang berhasil membuka jalan baru dengan menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan.

Meskipun pada akhirnya, Maseko tidak berhasil menjelajahi luar angkasa, usahanya tetap diakui. Dia pernah bekerja sebagai DJ paruh waktu dan merupakan kandidat perwira di angkatan udara Afrika Selatan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA