Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Mahathir Mohamad Ulang Tahun Ke-94

Rabu 10 Jul 2019 18:29 WIB

Red: Indira Rezkisari

PM Malaysia Mahathir Mohamad

PM Malaysia Mahathir Mohamad

Foto: Republika/ Wihdan
Mahathir menjadi pemimpin negara tertua di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad pada Rabu (10/7) merayakan hari ulang tahun ke-94. Mahathir menjadi tokoh tertua di dunia saat ini yang sedang memimpin pemerintahan.

Mahatir menjalankan masa jabatan keduanya sebagai perdana menteri setelah koalisi Pakatan Harapan (PH) yang ia pimpin memenangi pemilihan umum pada Mei tahun lalu. Ia menyampaikan terima kasih kepada warga Malaysia di seluruh dunia atas ucapan selamat yang ia terima.

"Terima kasih atas ucapan selamat ulang tahun yang saya terima hari ini. Harapan saya pada ulang tahun kali ini adalah sangat sederhana, bahwa semoga saya bisa menyelesaikan tugas saya dalam menyiapkan Malaysia pada jalan pemulihan," kata Mahathir dalam pernyataan singkat di media sosial.

Mahathir, yang lahir pada 1925, menempuh pendidikan dan bekerja sebagai dokter.Ia terpilih menjadi anggota parlemen pada 1964 sebagai anggota partai berpengaruh United Malays National Organization (UMNO).

Dengan berbagai pencapaian yang ia miliki di berbagai bidang, antara lain pendidikan, pertahanan, dan keuangan, Mahathir menjabat sebagai perdana menteri pada 1981 hingga 2003. Setelah berpisah dengan UMNO dan perdana menteri saat itu, Najib Razak, Mahathir kembali ke ajang politik.

Ia mendirikan Partai Pribumi Bersatu Malaysia pada 2016, yang ia pimpin untuk memenangi pemilu bersama partai-partai anggota PH.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA