Kamis 11 Jul 2019 08:22 WIB

Merkel Kembali Gemetar untuk Ketiga Kalinya

Menurut situs Focus, Merkel gemetar selama lebih dari satu menit.

Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) dan Perdana Menteri Finlandia Antti Rinne mendengarkan lagi kebangsaan di Berlin, Jerman, Rabu (10/7). Merkel terlihat berusaha keras mengendalikan tubuhnya yang gemetar untuk ketiga kalinya di depan publik.
Foto: AP Photo/Markus Schreiber
Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) dan Perdana Menteri Finlandia Antti Rinne mendengarkan lagi kebangsaan di Berlin, Jerman, Rabu (10/7). Merkel terlihat berusaha keras mengendalikan tubuhnya yang gemetar untuk ketiga kalinya di depan publik.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kanselir Jerman Angela Merkel dilaporkan kembali gemetar ketika menerima kunjungan Perdana Menteri Finlandia Antti Rinne di Berlin,  Rabu (10/7). Merkel tampak mencengkeram kedua tangannya untuk mengendalikan getaran tersebut ketika berdiri di samping Rinne.

Menurut situs Focus, ia gemetar selama lebih dari satu menit. Setelah kejadian tersebut, Merkel mengatakan dirinya dalam keadaan sangat baik.

Baca Juga

"Saya sangat baik, tidak perlu khawatir," ujar Merkel, dilansir BBC.

Untuk ketiga kalinya Merkel tampak gemetar. Sebelumya, dua pekan lalu menjelang perjalanan ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20, Merkel terlihat gemetar dan dia kembali menyatakan dirinya baik-baik saja. Dia pertama kali terlihat gemetaran pada bulan lalu saat upacara penyambutan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Berlin.

Ketika ditanya mengenai kondisi kesehatan Merkel, juru bicara kanselir Ulrike Demmer enggan menjelaskan lebih lanjut. Merkel saat itu mengatakan dia gemetar karena dehidrasi. Kantor kanselir berulang kali menepis kekhawatiran tentang kesehatan Merkel.

Spesialis kesehatan, Christoph Specht memperkirakan, Merkel kemungkinan terkena infeksi. Menurutnya, tubuh yang gemetaran merupakan salah satu indikasi ada infeksi di dalam tubuh.

Di sisi lain, media Jerman menyoroti kekhawatiran terhadap kesehatan Merkel. Surat kabar Jerman, Bid membuat tajuk rencana yang berjudul, "Kesehatan Angela Merkel Sekarang Menjadi Masalah Politik".

Merkel sudah berkuasa di Jerman selama 14 tahun. Merkel pertama kali menduduki jabatan sebagai kanselir pada November 2005. Pada tahun lalu, dia mengumumkan bakal mundur begitu jabatannya sebagai kanselir usai 2021.

Merkel pernah operasi lutut pada 2011, dan terjatuh saat bermain ski pada 2014. Ketika itu, dia dilaporkan tidak mempunyai masalah kesehatan serius dan tetap bekerja seperti biasa.

APTOPIX Germany Finland Merkel

Image ID : 19191384709719

German Chancellor Angela Merkel, right, and Prime Minister of Finland Antti Rinne listen to the national anthems at the chancellery in Berlin, Germany, Wednesday, July 10, 2019. Merkel's body shook visibly as she stood alongside the Finnish prime minister and listen to the national anthems during the welcoming ceremony at the chancellery.()

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement