Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Sejarah Hari Ini: Disneyland Dibuka pada 1955

Rabu 17 Jul 2019 06:55 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ani Nursalikah

Istana ikonik di Disneyland Hong Kong.

Istana ikonik di Disneyland Hong Kong.

Foto: EPA
Disneyland dibangun dengan tujuan mengenalkan nilai pendidikan dan menghibur.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Pada 17 Juli 1955, untuk pertama kalinya Disneyland, sebuah tempat metropolis fantasi dan futurisme yang dibangun Walt Disney dibuka. Taman hiburan senilai 17 juta dolar AS ini dibangun di atas lahan seluas 160 hektare bekas kebun jeruk di Anaheim, Kalifornia.

Baca Juga

Disneyland dengan cepat mendatangkan keuntungan yang mengejutkan. Saat itu, Disneyland menampung lebih dari 14 juta pengunjung per tahun yang menghabiskan hampir tiga miliar dolar AS.

History mencatat, pada awal 1950-an, Walt Disney mulai merancang taman hiburan besar yang akan dibangun di dekat Los Angeles. Dia bermaksud menjadikan Disneyland dengan tujuan memiliki nilai pendidikan dan hiburan serta menghibur orang dewasa dan anak-anak mereka. Tanah dibeli dari komunitas pertanian Anaheim, sekitar 25 mil tenggara Los Angeles dan konstruksi dimulai pada 1954.

Pada musim panas 1955, undangan khusus dikirim untuk pembukaan Disneyland pada 17 Juli. Sayangnya, undangan itu dipalsukan dan ribuan orang yang tidak diundang masuk ke Disneyland pada hari pembukaan.

Taman bermain itu tidak siap untuk umum pada awal pembukaannya sehingga para penjual kehabisan makanan dan minuman, sepatu hak tinggi wanita terjebak di aspal basah Main Street USA, dan Mark Twain Steamboat hampir terbalik karena terlalu banyak penumpang.

photo
Walt Disney dan gambar Mickey Mouse.

Walt Disney lahir di Chicago pada 1901. Ia bekerja sebagai seniman komersial sebelum mendirikan studio kecil di Los Angeles untuk memproduksi kartun animasi. Pada 1928, film pendeknya Steamboat Willy yang dibintangi karakter Mickey Mouse merupakan salah satu animasi sensasi nasional. Mickey adalah film animasi pertama yang menggunakan suara.

Sejak saat itu, kartun Disney sangat diminati, meski perusahaan tersebut berjuang secara finansial karena desakan Disney pada kualitas artistik dan teknis yang terus meningkat. Kartun dengan cerita panjang pertamanya, Snow White and Seven Dwarfs (1938) membutuhkan waktu tiga tahun untuk menyelesaikannya dan menjadi kesuksesan komersial yang luar biasa.

Snow White diikuti oleh cerita klasik lainnya untuk anak-anak, seperti Pinocchio (1940), Dumbo (1941), dan Bambi (1942).  Fantasia (1940), yang menggabungkan segmen animasi dengan karya musik klasik yang terkenal menjadi pencapaian artistik dan teknis. 

Dalam Song of the South (1946), Disney menggabungkan aktor hidup dengan tokoh animasi. Dimulai dengan Treasure Island pada 1950, perusahaan menambahkan film aksi langsung ke dalam repertoarnya. Disney juga merupakan salah satu studio film pertama yang memproduksi film langsung untuk televisi. Seri Zorro dan Davy Crockett sangat populer di kalangan anak-anak.

Setelah pembangunan satu dekade Disneyland, pada 1965, pekerjaan baru dimulai di taman hiburan dan resor Disney yang lebih besar di dekat Orlando, Florida. Walt Disney kemudian meninggal pada 1966. Walt Disney World dibuka untuk menghormatinya pada 1 Oktober 1971.

photo
Karakter Mickey Mouse di Disneyland.

Epcot Center, Disney-MGM Studios, dan Animal Kingdom kemudian ditambahkan ke Walt Disney World, dan tetap menjadi objek wisata utama Florida. Pada 1983, Disneyland Tokyo dibuka di Jepang. Pada 1992, Disneyland Paris atau Euro Disney dibuka dengan reaksi beragam di Marne-la-Vallee. Sementara Disneyland di Hong Kong membuka pintunya untuk umum pada September 2005.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA