Ahad 21 Jul 2019 15:11 WIB

Ini Menteri Pertahanan Baru Jerman

Annegret Kramp-Karrenbauer, juga populer disebut dengan inisialnya AKK.

Rep: deutsche-welle/ Red:
Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) berbicara dengan Ketua Partai CDU Annegret Kramp-Karrenbauer di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/12).
Foto: AP Photo/Markus Schreiber
Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) berbicara dengan Ketua Partai CDU Annegret Kramp-Karrenbauer di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/12).

Annegret Kramp-Karrenbauer, juga populer disebut dengan inisialnya AKK, baru saja mengambil alih jabatan sebagai Ketua Umum CDU dari tangan Kanselir Angela Merkel Desember tahun lalu. Kini secara mengejutkan dia diangkat sebagai Menteri Pertahanan. Militer Jerman Bundeswehr tetap dipimpin oleh seorang perempuan.

AKK memang sering disebut-sebut sebagai salah satu orang kepercayaan Angela Merkel. Dia juga punya pengalaman politik cukup panjang, terakhir menjabat sebagai Perdana Menteri negara bagian Saarland. Sebelumnya dia sudah memimpin beberapa kementerian di Saarland. Dia kemudian berkarir di Berlin dan Februari 2018 diangkat menjadi Sekjen Partai CDU. Akhir 2018, Angela Merkel sendiri yang mengusulkan AKK sebagai penggantinya menjadi Ketua Umum CDU:

Sekalipun karirnya melejit di panggung nasional, AKK masih sering kembali ke rumahnya di Saarland. Ibu tiga orang anak yang sekarang sudah dewasa ini tetap hidup bersahaja di kampung halamannya. Di Saarland orang sering berpapasan dengan dia di atas sepeda motornya. Dia juga sering ditemui di antara penonton pertandingan sepakbola tingkat lokal.

AKK menikah dengan suaminya Helmut 35 tahun lalu, seorang insinyur pertambangan yang memutuskan untuk meninggalkan karirnya dan menjadi ayah rumah tangga untuk mengasuh anak-anak mereka.

Sebagai Menteri Pertahanan, AKK kini memegang komando angkatan bersenjata Jerman, Bundeswehr. Tugas politiknya yang utama adalah melanjutkan dan menuntaskan modernisasi perlengkapan militer, yang lama terbengkalai karena pemotongan anggaran. Selain itu, Bundeswehr sekarang tidak cukup atraktif lagi bagi kaum muda, sehingga sering kesulitan mencari personal baru.

Jabatan Kementerian Pertahanan memang sering dipandang sebagai jabatan yang rumit. Di lain pihak, jabatan itu bisa menjadi lompatan besar bagi AKK untuk menjadi lebih populer di kalangan pemilih. Semua mata kini menyoroti pemilu yang akan datang, ketika Kanselir Angela Merkel akan meletakkan jabatannya dan mundur sepenuhnya dari panggung politik.

Dalam wawancara dengan majalah terkemuka Jerman "Der Spiegel", AKK pernah menuntut peningkatan anggaran untuk militer Jerman. Tidak sedikit yang mengatakan, bahwa AKK suatu kali akan mewarisi Merkel dan menggapai puncak kekuasaan.

hp/za (dpa)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement