Ahad 21 Jul 2019 08:37 WIB

Memahami Arti Sedekah Kurban

Tiap tahun Aman Palestin-Indonesia mengadakan program Sedekah Kurban Untuk Palestina.

Petugas Aman Palestin-Indoenesia menyalurkan daging kurban kepada warga Palestina.
Foto: Dok Aman Palestin-Indonesia
Petugas Aman Palestin-Indoenesia menyalurkan daging kurban kepada warga Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sedekah kurban adalah salah satu jenis sedekah yang dikaitkan dengan ibadah kurban. “Dana yang terkumpul dari program Sedekah Kurban akan digunakan untuk membeli hewan kurban dan disembelih pada hari raya Idul Adha,” kata Direktur Aman Palestin-Indonesia, Ustaz  Miftahuddin Kamil MA melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (20/7).

Ia menambahkan, setiap tahun, Aman Palestin-Indonesia mengadakan program Sedekah Kurban Untuk Palestina. “Orang yang ikut program Sedekah Kurban Untuk Palestina ini (insya Allah) akan diberi pahala ‘wajib’  karena donasi disumbangkan kepada orang yang layak dan sangat memerlukan,” ujarnya.

Perlu diketahui, kata Miftahuddin, sedekah yang dasar hukumnya sunah bila diberikan kepada rakyat Palestina adalah wajib,  menurut fatwa ulama mu’tabar. 

Ia mengutip pernyataan Syeikh Yusuf Al-Qardawi,  “Saya berpendapat, membantu saudara kita di Palestina bukanlah sedekah sunah, bahkan hal itu adalah hal yang wajib dan tugas yang harus dilaksanakan oleh umat (Islam).”

Dr  Wahbah Az-Zuhaili menegaskan,  “Saat ini, penduduk Gaza menjadi kelompok yang diutamakan untuk mendapatkan hewan kurban karena mereka berada dalam krisis kemanusiaan sehingga hukum (membantu Palestina) setara dengan wajib.”

Syekh Faisal Mauiawi (wakil Presiden Dewan Mufti Eropa, sarjana terkenal Libanon) mengemukakan,  “Boleh jadi wajib, yaitu menolong saudara-saudara yang sedang berjihad (di Palestina).”

Syekh Farid Washil (mantan Mufti Besar Mesir) menegaskan,  “Saya menyatakan bahwa distribusi hewan kurban saat ini ke komunitas Gaza adalah wajib.”

Miftahuddin mengemukakan, rakyat Palestina adalah umat Islam yang saat ini hidup menderita akibat kekejaman rezim zionis. “Konflik yang terjadi membuat mereka berada dalam situasi yang sangat sulit dan lebih memerlukan sumbangan hewan kurban,” ujarnya.

Sebagian besar rakyat Palestina tidak mampu membeli daging kambing dan sapi untuk dikonsumsi karena harganya yang tinggi. Untuk membahagiakan mereka pada Idul Adha, Aman Palestin-Indonesia membuat program mulia Sedekah Kurban Untuk Palestina .

“Ayo kita kirimkan Sedekah Kurban untuk Palestina agar mereka dapat mengkonsumsi daging pada Idul Adha tahun ini sebagaimana umat Islam di belahan dunia,” kata Ustaz Miftahuddin Kamil.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement