Minggu, 24 Zulhijjah 1440 / 25 Agustus 2019

Minggu, 24 Zulhijjah 1440 / 25 Agustus 2019

Kasus Gaji Karyawan Terungkap, Juri MasterChef Australia Kehilangan Kontrak Sponsor

Senin 22 Jul 2019 12:50 WIB

Red:

abc news

abc news

Juri MasterChef George Calombaris kini kehilangan kontrak promosi pariwisata.

Chef selebriti yang juga salah satu juri program TV MasterChef Australia, George Calombaris, kini kehilangan kontrak promosi pariwisata dengan Pemerintah Australia Barat, setelah dia mengakui kekurangan pembayaran gaji karyawan restorannya sebesar 7,8 juta dolar (sekitar Rp 77 miliar).

Badan pariwisata Australia Barat, Tourism WA, sebelumnya mengontrak Calombaris untuk tampil dalam iklan TV dan media online untuk promosi kuliner di negara bagian tersebut.

Keputusan Tourism WA memutus kontrak Calombaris ini diyakini sebagai yang pertama setelah skandal gaji karyawannya tersebut diputus pengadilan beberapa waktu lalu.

Iklan pariwisata Australia Barat yang menampilkan Calombaris telah ditayangkan beberapa minggu terakhir dalam episode MasterChef, dimana Calombaris tampil sebagai salah satu dari tiga juri.

Menteri Pariwisata Australia Barat Paul Papalia mengatakan kasus yang membelit Calombaris ini sangat mengecewakan.

"Apa yang telah dilakukan George Calombaris itu sangat buruk," kata Menteri Papalia.

"Orang harus membayar gaji yang menjadi hak karyawan mereka. Hal ini sangat mengecewakan," tambahnya.

Kontrak MasterChef masih berjalan

Tourism WA memiliki kontrak terpisah dengan program TV MasterChef, yang sejauh ini bersikap membela jurinya itu. Kontrak antara lain mengatur syuting untuk lima episode MasterChef dilakukan di negara bagian ini.

Sementara kontrak dengan Calombaris dimaksudkan untuk mengangkat pariwisata serta mendorong turis datang menikmati kuliner di sana.

Seorang juru bicara Menteri Papalia mengatakan kontrak dengan chef selebriti ini telah dibatalkan karena kasus kekurangan pembayaran gaji dan dana pensiun karyawannya itu.

Kelompok perusahaan milik Calombaris MAdE Establishment telah mengakui kekurangan pembayaran gaji bagi lebih dari 500 karyawan dan mantan karyawan.

Keputusan peradilan ketenagakerjaan Fair Work Ombudsman juga menghukum perusahaan ini membayar denda 200.000 dolar.

Grup perusahaan yang berbasis di Melbourne ini mengakui terjadinya kekurangan pembayaran di jaringan restoran Press Club, Gazi dan Hellenic Republic.

Menteri Papalia mengatakan ada iklan alternatif dalam kampanye pariwisata yang tidak menampilkan Calombaris, dan masih akan ditayangkan.

Dia mengatakan kontrak dengan MasterChef adalah "hal yang baik" dan pihaknya dengan senang hati memperpanjangnya.

Juru bicara Menteri Papalia mengatakan Tourism WA akan berusaha mengganti sebagian biaya kontrak dari Calombaris.

Dia tidak bersedia menjelaskan berapa nilai kontrak iklan dengan Calombaris tersebut.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA