Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Sejarah Hari Ini: Neil Amstrong Cs Selamat Kembali ke Bumi

Rabu 24 Jul 2019 06:59 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ani Nursalikah

Astronot Amerika Serikat, Neil Armstrong. Ia diklaim sebagai orang pertama yang mengijakkan kaki di bulan pada 20 juli 1969 silam.

Astronot Amerika Serikat, Neil Armstrong. Ia diklaim sebagai orang pertama yang mengijakkan kaki di bulan pada 20 juli 1969 silam.

Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki ke bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pesawat ruang angkasa Amerika Serikat (AS), Apollo 11 kembali dengan selamat ke bumi pada 24 Juli 1969 pukul 12.51 waktu setempat. Apollo 11 membawa tiga astronaut pertama ke permukaan bulan, Neil Amstrong, Edwin Aldirn Jr, dan Michael Collins.

Baca Juga

Upaya Amerika mengirim astronaut ke bulan berawal pada janji terkenal yang Presiden John F Kennedy lakukan di sesi gabungan khusus Kongres pada 25 Mei 1961. "Saya percaya bangsa ini harus berkomitmen mencapai tujuan, sebelum dekade sudah habis, untuk mendaratkan seorang pria di bulan dan mengembalikannya dengan aman ke bumi," ujar Presiden Kennedy kala itu dilansir History, Rabu (24/7).

Delapan tahun kemudian, pada 16 Juli 1969, dunia menyaksikan Apollo 11 lepas landas dari Kennedy Space Center bersama tiga astronaut Armstrong, Aldrin, dan Collins. Setelah melakukan perjalanan 240 ribu mil selama 76 jam, Apollo 11 memasuki orbit bulan pada 19 Juli.

Keesokan harinya, pada pukul 13.46, Lunar Module Eagle dinaiki oleh astronaut Armstrong dan Edwin "Buzz" Aldrin yang terpisah dari jet Module awal di mana astronot ketiga, Michael Collins tetap ada. Dua jam kemudian, roket Eagleb mulai turun ke permukaan bulan, dan pada pukul 16.18 pesawat itu mendarat di tepi barat daya bulan.

Ketika berhasil mendarat, Armstrong mengirimkan pesan kepada radio Kontrol Misi di Houston sebuah pesan terkenal setelah berhasil mendarat. "Elang telah mendarat."

Pada pukul 22.39, lima jam lebih cepat dari jadwal semula, Armstrong membuka palka Lunar Module. Tujuh belas menit kemudian, pada pukul 22.56, Amstrong mendaratkan kaki di bulan.

"Itu satu langkah kecil untuk manusia, satu lompatan raksasa bagi umat manusia," katanya. Beberapa saat kemudian, dia melangkah keluar dari tangga modul bulan, menjadi manusia pertama yang berjalan di permukaan bulan.

Aldrin turut bergabung dengannya di permukaan bulan pada pukul 23.11, dan bersama-sama mereka mengambil foto-foto permukaan Bulan. Mereka mengibarkan bendera AS, menjalankan beberapa tes ilmiah sederhana, dan berbicara dengan Presiden Richard M Nixon via Houston. 

Pada 21 Juli pukul 01.11, kedua astronaut kembali ke dalam Lunar Module dan palka ditutup. Kedua pria tidur malam itu di permukaan bulan, dan pada pukul 01.54  Elang memulai pendakiannya kembali ke jet. 

Di antara benda-benda yang tersisa dan ditinggal di permukaan bulan adalah sebuah plakat yang berbunyi: "Di sini orang-orang dari planet bumi pertama kali menginjakkan kaki di bulan, Juli 1969 M. Kami datang dengan damai untuk seluruh umat manusia."

Setelah Amstrong, Aldrin berhasil merapat dan bergabung kembali dengan Collins, dan pada 22 Juli pukul 12.56, Apollo 11 memulai perjalanannya pulang. Ketiga astronaut dengan aman mendarat di Samudra Pasifik pada 24 Juli pukul 12.51.

Akan ada lima misi pendaratan bulan yang lebih sukses, Apollo 13. Orang terakhir yang berjalan di bulan, astronout Eugene Cernan dan Harrison Schmitt dari misi Apollo 17, meninggalkan permukaan bulan pada 14 Desember 1972.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA