Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Menlu Retno Ucapkan Selamat kepada PM Inggris Boris Johnson

Rabu 24 Jul 2019 15:23 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini

Pemimpin Partai Konservatif sekaligus Perdana Menteri InggrisBoris Johnson saat tiba di markas partai di London, Selasa (23/7).

Pemimpin Partai Konservatif sekaligus Perdana Menteri InggrisBoris Johnson saat tiba di markas partai di London, Selasa (23/7).

Foto: Aaron Chown/PA via AP
Boris Johnson menggantikan Theresa May sebagai perdana menteri Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan ucapan selamat kepada Perdana Menteri baru Inggris, Boris Johnson. Johnson terpilih pada Selasa (23/7) kemarin sebagai pemimpin partai Konservatif Inggris yang menggantikan Theresa May. 

Baca Juga

"Kalau dari saya, karena saya kan berteman dengan Boris, dengan Boris Johnson pada saat dia menjadi menteri luar negeri, jadi pada saat kemarin saya sudah... Saya bilang Boris, Prime Minister Congratulation," ujar Menlu Retno di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/7). 

Retno pun mengaku telah melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kemenangan Johnson. Menurutnya, Presiden akan segera memberikan ucapan selamat kepada Johnson. 

"Saya kira hari ini beliau akan keluarkan, karena kan kemarin prosesnya mulai kemudian diterima oleh ratu. Hari ini kan baru akan..," tambah Retno.

Boris Johnson berhasil memenangkan pemungutan suara di kalangan anggota partai berjumlah 159.320 orang. Ia memperoleh 92.153 suara mengalahkan pesaingnya Jeremy Hunt yang memperoleh 46.656 suara. 

Johnson menggantikan Theresa May yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu. Theresa May meninggalkan Downing Street pada Rabu (24/7) untuk menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Ratu Elizabeth. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA