Selasa 30 Jul 2019 10:53 WIB

Suhu Udara Inggris Lampaui Rekor Terpanas

Inggris dilanda gelombang panas pada pekan lalu.

Rep: Rossi Handayani / Red: Nur Aini
Seorang anak mendinginkan diri di sebuah air mancur (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Seorang anak mendinginkan diri di sebuah air mancur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris mencatat rekor baru untuk suhu terpanas harian. Badan cuaca Met Office menyatakan, suhu mencapai 38,7 Celcius di Cambridge University Botanic Garden di Inggris timur selama gelombang panas, pekan lalu.

Suhu panas tersebut dicatat pada Kamis dan dikonfirmasi pada Senin (29/7), setelah kontrol kualitas dan analisis oleh Met Office. Rekor suhu panas Inggris sebelumnya adalah 38,5 C yang ditetapkan pada Agustus 2003.

Baca Juga

"Perubahan iklim telah meningkatkan kemungkinan dan tingkat keparahan episode gelombang panas di seluruh Eropa, yang juga akan meningkatkan risiko suhu 40 Celcius di Inggris," kata Ilmuwan iklim Met Office, Mark McCarthy.

Catatan suhu yang lebih panas di seluruh Eropa pada pekan lalu, terjadi saat gelombang panas melanda Sahara. McCarthy mengatakan, perubahan iklim membuat temperatur ekstrem lebih umum.

"Kami sangat senang bahwa rekaman cuaca kami, sesuatu yang telah kami lakukan setiap hari selama lebih dari 100 tahun di Botanic Garden, telah berguna bagi Met Office untuk mendefinisikan skala gelombang panas terbaru ini," kata Direktur Cambridge University Botanic Garden, Beverley Glover.

"Namun, kita merasa cemas pada suhu tinggi yang tercatat dan implikasi bahwa iklim lokal kita semakin panas, dengan konsekuensi yang tak terhindarkan bagi tanaman dan hewan di sekitar kita," ucap Glover.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement