Rabu 31 Jul 2019 09:23 WIB

Rusia akan Jual Rudal Udara ke India

Rudal udara Rusia akan digunakan pada jet tempur Sukhoi yang telah dibeli India.

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
S 400 Rudal jarak jauh andalan Rusia
Foto: Rusia Insider.com
S 400 Rudal jarak jauh andalan Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW — Rusia dilaporkan akan menjual rudal air-to-air ke India. Menurut kantor berita masing-masing negara pada Selasa (30/7), rudal itu akan digunakan pada jet tempur Sukhoi Su-30MKI. 

"Beberapa waktu lalu, kontrak yang cukup besar tentang rudal udara ditandatangani dan melibatkan pasokan sekitar 1.000 rudal untuk berbagai keperluan," ujar pernyataan Layanan Federal Rusia untuk Kerja Sama Militer-Teknis seperti yang dilaporkan kantor berita Rusia RIA. 

Baca Juga

Sementara itu, kantor berita India ANI juga memberitakan bahwa India telah menandatangani perjanjian dengan Rusia untuk mengakuisisi rudal R-27 untuk digunakan pada pesawat tempur Su-30MKI senilai 1.500 crore rupee atau sekitar 218 juta dolar AS. Rudal R-27 yang memiliki jangkauan medium-to-long telah dikembangkan oleh Rusia untuk seri jet tempur MiG dan Sukhoi.

Selama ini, Rusia telah memasok lebih dari 270 pesawat Su-30MKI ke India. Pesawat tersebut telah dirakit dan memiliki komponen lengkap untuk perakitan lokal. Pesawat tersebut nampaknya juga telah digunakan secara luas dan membentuk inti Angkatan Udara India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement