Kamis 01 Aug 2019 02:19 WIB

Mantan Menkeu Mozambik Terancam Ekstradisi

Mantan Menkeu Mozambik hadapi pencucian uang dan konspirasi penipuan di AS.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Indira Rezkisari
Bendera negara Mozambik.
Foto: EPA
Bendera negara Mozambik.

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Pemerintah Mozambik akan berjuang untuk ekstradisi mantan menteri keuangan Manuel Chang dari Afrika Selatan, yang berusaha untuk diadili Amerika Serikat. Chang telah ditahan di Afrika Selatan sejak penangkapannya pada bulan Desember atas permintaan AS atas dugaan keterlibatannya dalam pinjaman 2 miliar dolar AS yang disebut penipuan oleh otoritas AS. Chang menyangkal melakukan kesalahan.

Mantan menteri kehakiman Afrika Selatan Michael Masutha memutuskan sebelum meninggalkan jabatannya untuk mengekstradisi Chang ke negara asalnya, Mozambik. Namun penggantinya, Ronald Lamola, dan sebuah organisasi masyarakat sipil Mozambik telah mengajukan permohonan ke pengadilan untuk mengesampingkan hal ini.

Baca Juga

Sebuah pernyataan tertulis yang diajukan atas nama Lamola pada pertengahan Juli mengatakan ia menginginkan kesempatan untuk mempertimbangkan apakah Chang dapat diekstradisi ke Amerika Serikat. Di Amerika ia menghadapi tuduhan termasuk pencucian uang dan konspirasi untuk melakukan penipuan.

Sekarang, sepucuk surat, dari firma hukum Afrika Selatan, Mabunda Incorporated, dan bertanggal 30 Juli, mengatakan pemerintah Mozambik telah menginstruksikan firma untuk menentang aplikasi ini dan membawa aplikasi balasan yang mendukung ekstradisi Chang ke Mozambik. Selain itu, firma akan mendorong Lamola untuk mempertimbangkan informasi dan fakta saat ini sebagaimana akan disajikan dan diperdebatkan dalam audiensi mendatang, sebagai lawan dari hanya fakta yang tersedia ketika mantan menteri membuat keputusan.

Tuduhan AS terkait dengan pinjaman yang diperoleh dari Credit Suisse dan bank VTB Rusia yang dijamin oleh pemerintah Mozambik, ditandatangani oleh Chang selama masa jabatannya 2005-2015 sebagai menteri keuangan. Pengungkapan tersebut pada tahun 2016 mendorong donor asing termasuk Dana Moneter Internasional (IMF) untuk memotong dukungan untuk Mozambik, memicu keruntuhan mata uang dan gagal bayar utang.

Mozambik hanya meminta ekstradisi Chang mengikuti permintaan Amerika Serikat. Namun Chang belum didakwa dengan kejahatan di negara asalnya, salah satu poin yang diangkat dalam pernyataan tertulis yang diajukan atas nama Lamola.

Jika dikirim untuk menghadapi persidangan di Amerika Serikat, analis mengatakan Chang dapat mengungkapkan detail yang belum diketahui tentang skandal utang, dengan implikasi potensial bagi partai berkuasa Mozambik menjelang pemilihan presiden, parlemen dan provinsi pada Oktober.

Chang telah mengundurkan diri dari posisinya sebagai anggota parlemen, yang berarti ia telah kehilangan kekebalan politiknya di Mozambik, kekhawatiran lain yang dimiliki Lamola dengan rencana ekstradisi ke negara itu. Jika sidang pengadilan didorong kembali ke September, itu akan memberi Jaksa Agung negara itu satu bulan untuk mengajukan tuntutan terhadapnya, dilansir dari Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement