Sabtu 03 Aug 2019 00:50 WIB

2.000 Fosil Hewan Gajah Hingga Kucing Ditemukan di Turki

Fosil hewan ditemukan dalam proyek penggalian sejak 2011.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Peneliti menggali fosil hewan
Foto: Daily Sabah
Peneliti menggali fosil hewan

REPUBLIKA.CO.ID, KIRSEHIR – Hampir 2.000 fosil hewan telah ditemukan di kawasan Anatolia tengah tepatnya di Provinsi Kirsehir, Turki. Pada arkeolog telah memulai penggalian pada 2011 di Desa Kurutlu di Distrik Kaman Kirsehir.

Penggalian bertujuan meneliti sejarah alam pada tujuh juta tahun lalu. Sementara fosil-fosil hewan seperti gajah, primata, jerapah, kuda, badak, kucing, hingga monyet telah ditemukan selama berlangsungnya penggalian di sisi Danau Dam Hirfanli.  

Baca Juga

Penggalian pun masih terus dilakukan di bawah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Universitas Ahi Evran (AEU) dan Masyarakat Sejarah Turki di bawah pimpinan akademisi AEU yakni Ahmet Cemburu Erkman.

Erkman mengungkapkan pihaknya akan memamerkan benda-benda yang telah ditemukan itu. “Kami berencana memamerkan fosilnya di sebuah museum di Kirsehir. Kami terus bekerja, ini adalah penggalian yang cukup lama,” tutur Erkman seperti dilansir Daily Sabah pada Jum’at (2/8).  

Dia juga mengungkapkan pentingnya penemuan itu akan dapat menjelaskan tentang sejarah alam Anatolia. Menurutnya saat ini temuan-temuan itu baru dapat memberikan kontribusi pada buku-buku bidang arkeologi dan sebagian dari paleontologi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement