Ahad 04 Aug 2019 07:05 WIB

Ribuan Warga India Tinggalkan Kashmir

Laporan intelijen menyebut kemungkinan ada serangan militan di Kashmir.

Red: Nur Aini
Perbatasan Kashmir yang memisahkan India dan Pakistan.
Foto: Zee Media Bureau
Perbatasan Kashmir yang memisahkan India dan Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID, KASHMIR -- Ribuan warga India mulai meninggalkan Kashmir, kawasan yang diperselisihkan. Hal itu terjadi setelah pemerintah setempat mengeluarkan peringatan keamanan terkait dengan kemungkinan serangan-serangan militan di Kashmir.

Para perwira keamanan mengatakan, mereka telah menemukan bukti akan terjadi serangan-serangan oleh para militan dukungan Pakistan atas sekumpulan besar pengikut Hindu di Kashmir.

Baca Juga

Para perwira itu mengatakan sebuah ranjau dengan tanda-tanda berasal dari Pakistan termasuk di antara sejumlah amunisi yang ditemukan setelah laporan-laporan intelijen. Laporan itu menyebutkan kemungkinan serangan dilakukan di rute-rute yang digunakan para pemeluk HIndu yang pergi ke gua Amarnanth, yang suci, di kawasan itu tiap tahun.

Para perwira keamanan itu mengatakan pemerintah setempat mengeluarkan perintah agar pemeluk Hindu yang ingin melakukan kegiatan di gua itu dan wisatawan kembali ke rumah mereka. Pada Sabtu, seorang pejabat senior setempat di Kashmir mengatakan peringatan itu telah menimbulkan kepanikan dan membuat "ribuan" turis, jamaah, dan pekerja pergi meninggalkan kawasan tersebut.

Pejabat itu tidak menyebutkan angka pasti, tetapi ia mengatakan sebagian besar dari 20 ribu pemeluk Hindu dan wisatawan India dan lebih 20 ribu pekerja sudah berangkat. Sementara, sekitar 60 turis asing tiba di Kashmir pada Sabtu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement