Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Tiga Orang Meninggal Dunia Tertimpa Runtuhan Tebing

Ahad 04 Aug 2019 01:16 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Endro Yuwanto

Korban meninggal (ilustrasi)

Korban meninggal (ilustrasi)

Foto: www.123rf.com
Penyelidik mengakui runtuhan kali ini merupakan yang terbesar.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Tiga orang meninggal dunia akibat tertimpa runtuhan tebing di Encinitas, California, Amerika Serikat (AS), Sabtu (4/8). Pecahan tebing yang menjulang di sepanjang Pantai Encinitas itu jatuh di tepi laut dan mengenai tiga pemuda yang sedang berenang.

Satu di antara korban meninggal di tempat, sedangkan dua korban lain berhasil ditarik keluar dari tumpukan puing dan sempat dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis. Meski begitu, keduanya tidak dapat diselamatkan.

"Kami sangat terpukul dengan tragedi hari ini dan hati kami tertuju kepada para korban dan keluarga mereka. Kami siap membantu dengan cara apa pun yang memungkinkan. Teknisi kami dan tim keselamatan publik bekerja untuk menilai kondisi tebing," kata Wali Kota Encinitas Catherine Blakespear dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari ABC News, Ahad (4/8).

Saat ini, pemerintah setempat telah menutup Pantai Encinitas dan melakukan penyelidikan penyebab runtuhnya tebing. Melalui konferensi pers pada Sabtu (4/8) sore kemarin, tim penyelamat mengatakan masih belum menemukan penyebab kejadian itu, mengingat stabilitas tebing yang kurang mendukung. Meski begitu, tim meyakinkan, rumah-rumah yang terletak di atas tebing, cukup jauh dari tepi dan tidak diperkirakan berada dalam bahaya runtuh.

Demi memudahkan proses penyelidikan, alat-alat berat pun dikerahkan untuk membantu membersihkan batu dan kotoran. Tim penyelidik bahkan menggunakan kantong udara untuk mengangkat beberapa puing dan menarik korban yang selamat.

Penyelidik menyebut peristiwa ini sebagai suatu yang alamiah, mengingat reruntuhan ini bisa terjadi sekitar empat hingga delapan kali per tahun. Namun penyelidik mengakui runtuhan kali ini merupakan yang terbesar. Para pengunjung pantai juga selalu diperingatkan oleh penjaga pantai untuk menghindari daerah tersebut jika terjadi keruntuhan. "Ini adalah garis pantai yang tererosi secara alami," kata kapten penjaga Pantai Encinitas Larry Giles pada konferensi pers.

Area tebing yang runtuh diperkirakan sebesar 25 kaki kali 30 kaki, dan tumpukan puing-puing setinggi sekitar 10 kaki. Para pejabat memastikan tidak ada anak-anak yang tewas atau terluka. Encinitas adalah kota dengan pantai yang populer sekitar setengah jam perjalanan dari utara San Diego.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA