Kamis 08 Aug 2019 05:25 WIB

Pasar Gaza Lesu Jelang Idul Adha

Sebagian besar warga tak punya kemampuan membeli kebutuhan dasar.

Rep: ayo bandung/ Red: ayo bandung
Pasar Gaza Lesu Jelang Iduladha
Pasar Gaza Lesu Jelang Iduladha

GAZA, AYOBANDUNG.COM—Di tengah sulitnya kondisi kehidupan karena krisis ekonomi, politik, dan sosial, umat Muslim di Jalur Gaza, Palestina, tengah bersiap menghadapi perayaannya Idul Adha atau hari raya kurban.

Kendati libur hari raya sudah semakin dekat, belum ada dekorasi yang menghias pasar-pasar di Gaza. Bahkan, meski banyak barang yang dijual di pasar, sebagian besar warga tak mempunyai kemampuan untuk membelinya bahkan hingga kebutuhan dasar termasuk  roti, beras, dan daging.

Misalnya saja pasar al-Zawia yang dianggap sebagai pasar terbesar dan paling ramai di Gaza, Palestina. Namun, sejumlah besar warga datag ke pasar setiap harinya hanya sekadar untuk berjalan-jalan.

“Saya melihat barang-barang di pasar, tetapi saya tidak dapat membeli apa pun dari toko-toko karena biayanya yang tinggi dan saya tidak punya uang,” kata Halima al-Shaikh, seorang warga Gaza seperti dilansir Xinhua, Kamis (8/8/2019).

“Dulu para perempuan (di Gaza) biasanya  membutuhkan seminggu untuk mempersiapkan  Idulfitri. Tapi sekarang tak ada lagi  perayaan. Hari-hari tampaknya biasa saja,” katanya.

Di sudut pasar seorang pekerja jasa perbaikan sepatu, Ahmed Abu Nowfal, mengatakan, dirinya tak dapat membeli pakaian dan sepatu baru untuk dua putranya yang masih kecil.

“Beberapa langganan saya juga meminta saya untuk mengubah warna sepatu anak-anak mereka agar bisa memberi tahu bawa mereka membeli sesuatu yang baru,” kata Nowfal.

“Saya punya 10 shekel. Jadi dari pada menghabiskan lebih dari 200 shekel untuk pakaian baru saya lebih suka memperbaiki sepatu, tas, dan pakaian untuk  menghemat uang,” kata Suhaila Mohammed seorang warga Gaza lainnya.

Berbelanja pakaian baru untuk anak-anak dan permen untuk menyambut kerabat yang berkunjung adalah kebiasaan rutin untuk menandai kesempatan ini.

Momentum musiman ini menghidupkan kembali daya beli di pasar, yang dianggap sebagai peluang bagus bagi para pedagang untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Namun, situasinya berbeda untuk pars pedagang Gaza termasuk Mohammed Aljamal yang menjual barang-barangnya di toko, meski banyak pembeli lebih suka berbelanja di penjual jalanan, barang bekas dan barang lama yang “Situasi sangat sulit,” katanya.

Israel memberlakukan blokade ketat di Jalur Gaza sejak 2007, tepat setelah gerakan Hamas Islam memerintah daerah itu setelah pertempuran dengan pasukan setia Otoritas Palestina. Sejak itu, ekonomi di Jalur Gaza telah memburuk dengan kondisi kehidupan yang sulit bagi rakyatnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement