Sabtu 10 Aug 2019 02:52 WIB

Inggris Alami Mati Listrik Total

Transportasi di Inggris sempat lumpuh karena mati listrik total

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Esthi Maharani
Stasiun kereta bawah tanah Oxford Circus, London, Inggris
Foto: Standard.co.uk
Stasiun kereta bawah tanah Oxford Circus, London, Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telah terjadi pemadaman daya utama listrik secara total di sebagian besar wilayah Inggris yang mempengaruhi rumah dan jaringan transportasi. Pemadaman listrik telah terjadi di seluruh Tenggara, Midlands, Barat Daya, Timur Laut, dan Wales.

UK Power Networks mengatakan masalah ini disebabkan oleh kegagalan jaringan National Grid . Kereta api telah ditunda dan dibatalkan perjalanannya di seluruh Inggris dan Wales. Untuk sementara penurunan daya listrik ini juga mempengaruhi lampu lalu lintas di London, Inggris.

"Kami menyadari pemadaman listrik mempengaruhi sebagian besar wilayah London dan Tenggara," ujar dia dikutip dari BBC, Sabtu (10/8).

Semua kereta di King's Cross tidak bergerak. Wartawan BBC, Emma Petrie, mengatakan ada pengumuman yang meminta penumpang untuk meninggalkan stasiun. Papan di stasiun Waterloo tidak menunjukkan kereta berangkat pada platform apapun.

Penumpang di Bandara Newcastle mengatakan listrik padam selama sekitar 15 menit sedangkan penumpang di bandara Heathrow, Gatwick dan Luton mengatakan mereka tidak terpengaruh. Salah satu penumpang, Scott McKenzie, 31 tahun dari Cardiff mengatakan berbagai alarm berbunyi di Bandara Newcastle.

"Kami benar-benar jatuh ke dalam kegelapan dan orang-orang menggunakan ponsel mereka untuk menyalakan senter dan melihat ke sekeliling," kata dia.

Kemudian, Western Power Distribution, mengatakan pihaknya sedang menangani masalah ini dan mengharapkan listrik dipulihkan pada pukul 18.30 British Summer Time (BST). Semua jaringan Kereta Api telah dihentikan setelah adanya lonjakan listrik di Jaringan Nasional tetapi saat ini sistem sinyalnya telah kembali aktif.

Polisi Transportasi Inggris mengatakan telah mengirim beberapa petugas ke stasiun kereta api untuk memberikan bantuan kepada para penumpang. Sedangkan Rumah Sakit Ipswich mengatakan pihaknya terkena pemadaman listrik secara total dan generator cadangannya gagal berfungsi. Sehingga membuat pasien panik.

"Staf tetap bekerja secara maksimal untuk menjaga pasien tetap aman," kata seorang juru bicara rumah sakit tersebut.

Lalu, seorang juru bicara untuk Transportasi di London mengatakan beberapa lampu lalu lintas di ibukota tersebut tidak berfungsi. Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab pemadaman listrik tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement