Sabtu 10 Aug 2019 05:54 WIB

Mati Listrik Total di Inggris Disebabkan Dua Generator Rusak

Dua generator listrik mengalami kerusakan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Esthi Maharani
Stasiun kereta bawah tanah Oxford Circus, London, Inggris
Foto: Standard.co.uk
Stasiun kereta bawah tanah Oxford Circus, London, Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- National Grid mengatakan pemadaman listrik secara total disebabkan kerusakan dua generator listrik. Saat ini masalah tersebut sudah diatasi. Pemadaman listrik telah terjadi di Timur Selatan, Barat Daya, dan Timur Laut Inggris, Midlands, dan Wales.

Tidak ada perjalanan kereta api dan lampu lalu lintas di beberapa bagian London juga mati. Departemen Transportasi, mengatakan pemadaman listrik berdampak pada perjalanan. 

"Kami bekerja keras dengan Network Rail dan yang lainnya untuk memastikan sistem akan berjalan kembali secepat mungkin. Sehingga semua orang dapat menyelesaikan perjalanan mereka dengan aman," katanya dikutip BBC, Sabtu (10/8).

Salah satu penumpang kereta, Zoe Hebblethwaite mengatakan situasi di luar stasiun adalah kekacauan mutlak dan penumpang tidak dapat melihat secara jelas karena gelap. Sedangkan Harriet Jackson mengatakan di Northcote Road, di Battersea, banyak lampu lalu lintas yang padam dan mobil pun susah untuk menerawang jalanan.

Sekitar 500.000 orang terdampak listrik padam di wilayah Western Power Distribution termasuk 44.500 pelanggan di Wales dengan daya yang dipulihkan kepada mereka semua tidak lama setelah 18.00 British Summer Time (BST).

Northern Powergrid mengatakan 110.000 pelanggannya kehilangan daya antara 17.10 BST dan 18.00 BST, sementara Listrik Utara Barat mengatakan setidaknya 26.000 orang tanpa listrik di Barat Utara. Juru bicara UK Power Networks mengatakan 300.000 orang terkena dampak di London dan Tenggara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement