Sabtu 10 Aug 2019 11:43 WIB

Rusia Serukan AS Ikut Moratorium Penempatan Rudal

Rusia mendorong AS bergabung dengan moratorium penempatan rudal.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Kapal penghancur rudal milik Angkatan Laut Amerika Serikat USS Mason.
Foto: presstv.ir
Kapal penghancur rudal milik Angkatan Laut Amerika Serikat USS Mason.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia menyerukan Amerika Serikat (AS) bergabung dengan insiatif untuk mendeklarasikan moratorium penempatan rudal jarak pendek dan menengah. Hal itu disuarakan pasca-bubarnya perjanjian Intermediate-range Nuclear Forces (INF).

“Kami sekali lagi menyerukan Washington dan sekutunya untuk menunjukkan sikap bertanggung jawab serta bergabung dengan moratorium, yang akan meningkatkan prediksi dalam urusan militer dan politik,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada Jumat (9/8), dikutip laman kantor berita Rusia TASS.

Baca Juga

Rusia menilai, tindakan tersebut memang diperlukan untuk menjamin keamanan global. “Langkah seperti itu akan menunjukkan kepada seluruh komunitas internasional bahwa keamanan global berarti bagi mereka, seperti halnya bagi Rusia,” ujar Zakharova.

AS memang berencana menempatkan rudal jarak menengah di Asia. Hal itu diumumkan setelah AS resmi hengkang dari perjanjian INF. 

“Ya, saya ingin,” kata Menteri Pertahanan AS Mark Esper saat ditanya apakah dia mempertimbangkan menempatkan rudal jarak menengah di Asia.

Dia menginginkan hal itu dapat direalisasikan dalam waktu beberapa bulan. “Tapi hal-hal ini cenderung memakan waktu yang lebih lama dari yang Anda perkirakan,” ujarnya.

Esper belum memberitahu di mana rudal-rudal itu akan ditempatkan di Asia. Dia hanya menyatakan akan melakukan pertemuan dengan para pemimpin di Asia selama melakukan kunjungan ke sana.

Rusia dan AS diketahui telah sama-sama keluar dari perjanjian Intermediate-range Nuclear Forces (INF) yang ditandatangani pada 1987. Perjanjian itu melarang kedua negara untuk memproduksi serta memiliki rudal nuklir dengan daya jangkau 500-5.500 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement