Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

64 Orang Tewas Akibat Ledakan Truk BBM di Tanzania

Ahad 11 Aug 2019 05:25 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Bayu Hermawan

Ilustrasi Mayat

Ilustrasi Mayat

Foto: Mgrol120
Sebanyak 64 orang dilaporkan tewas akibat truk BBM meledak di Morogoro, Tanzania.

REPUBLIKA.CO.ID, DODOMA -- Sebanyak 64 orang dilaporkan tewas akibat truk bahan bakar minyak (BBM) meledak di Morogoro, Tanzania, Sabtu (10/8).  Insiden itu bermula ketika truk BBM mengalami kecelakaan dan terguling.

Baca Juga

Minyak yang diangkut pun menggenangi jalanan di sekitar lokasi kejadian.  Tak lama setelah itu, warga mulai mendekati truk untuk menciduk ceceran minyak. Ada pula yang menampung aliran minyak langsung dari tanki.  Namun warga tak mengira bahwa truk tersebut akan meledak. Akibatnya, puluhan warga menjadi korban.

"Saat ini, ada 64 orang tewas setelah dua dari 72 orang yang terluka meninggal akibat luka-luka mereka," kata Gubernur Morogoro Stephen Kebwe.

Dia mengaku menyesalkan peristiwa tersebut. "Wilayah Morogoro tidak pernah mengalami bencana sebesar ini," ucapnya.

Presiden Tanzania John Magufuli mengucapkan belasungkawa kepada para korban. Dia mengaku terkejut mengetahui adanya warga Morogoro yang nekat mengambil minyak di dekat truk BBM yang baru saja terguling.

Dia menyerukan agar warga menghentikan praktik berbahaya semacam itu. "Ada kendaraan yang membawa bahan bakar minyak berbahaya, seperti dalam kasus ini di Morogoro, ada yang membawa bahan kimia beracun atau bahan peledak, mari kita hentikan praktik ini," ujar Magufuli.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA