Senin, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Senin, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Berapa Harga Greenland untuk AS?

Sabtu 17 Agu 2019 02:38 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andi Nur Aminah

Pemandangan salah satu sudut Kota Greenland

Pemandangan salah satu sudut Kota Greenland

Foto: Independent
Wilayah otonom Denmark ini bernilai setidaknya 1 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Greenland menegaskan bahwa pulau ini tidak untuk dijual, meskipun Presiden Donald Trump berpikir untuk membelinya. Tetapi seberapa besarkah nilai pulau terbesar di dunia ini bagi Amerika?

Nilai harga apa pun di Greenland akan tergantung pada seberapa putus asa Amerika Serikat menginginkannya dan mengapa. Sedangkan motivasi Trump masih tidak jelas.

Baca Juga

Jika sejarah adalah panduan, wilayah otonom Denmark bernilai setidaknya 1 miliar dolar AS. Pada tahun 1946, Amerika Serikat menawarkan Denmark 100 juta dolar AS emas untuk membeli Greenland, menurut dokumen di Arsip Nasional AS. Itu setara dengan 1,3 miliar dolar AS saat ini, dengan memperhitungkan inflasi.

Akan tetapi, jika mereka ingin menjual, harga tersebut tidak mungkin menarik Denmark atau Greenland ke meja negosiasi dengan Trump. Pembelian AS sebelumnya dari wilayah lain juga bisa memberikan wawasan tentang apa yang mungkin bersedia dibayarkan oleh Washington.

AS membeli apa yang sekarang disebut Kepulauan Virgin AS dari Denmark pada tahun 1917 dengan harga 25 juta dolar emas, setara dengan sekitar 500 juta dolar AS saat ini. AS membeli Alaska dari Rusia pada 1867 seharga 7,2 juta dolar AS dan Wilayah Louisiana yang luas, membentang dari Sungai Mississippi ke Pegunungan Rocky, pada 1803 dari Perancis seharga 15 juta dolar AS.

"Amerika Serikat membeli Alaska pada 1867, sekitar 125 juta dolar AS dalam uang hari ini. Greenland akan jauh lebih mahal untuk dibeli pada saat banyak tuntutan lain dari ekonomi rakyatnya," kata Iwan Morgan, dari University College of London, dilansir di CNN, Sabtu (17/8).

Morgan mengatakan kesepakatan seperti itu akan melibatkan perjanjian, proses legislatif di Denmark, Greenland dan Amerika Serikat, dan kemungkinan juga Uni Eropa. Dia ragu hal-hal itu bisa dilakukan.

"Ini tidak seperti membeli lapangan golf di mana Anda pergi ke seorang pengacara dan berkata 'Bisakah Anda memberi sanksi pada transaksi ini?" katanya.

"Bahkan jika Anda mendapat persetujuan secara prinsip, harganya akan sangat tinggi. Jika ini akan terus berlanjut, itu akan menjadi miliaran, bahkan mungkin triliunan dolar AS," tambahnya.

Greenland sudah menjadi rumah bagi pangkalan militer AS yang paling utara, Pangkalan Udara Thule, yang terletak sekitar 750 mil di utara Lingkaran Arktik. Radar dan pos pendengaran menampilkan Sistem Peringatan Dini Balistik Rudal yang dapat mendeteksi rudal balistik antarbenua yang masuk dan mencapai ribuan mil ke wilayah Rusia.

Minyak, gas, dan mineral Greenland yang belum dimanfaatkan mungkin juga menarik bagi Trump karena perlombaan untuk sumber daya di Kutub Utara semakin meningkat. Tapi Morgan menilai Trump berminat untuk menjadikan Greenland sebagai peninggalannya.

"Jika Trump memenangkan periode kedua, dia bisa melihat pembelian Greenland sebagai masalah peninggalan (untuk AS) dan mendorongnya lebih keras kemudian," kata Morgan. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA