Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kansas City Diguncang Gempa

Sabtu 17 Aug 2019 03:37 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andi Nur Aminah

Kansas City, MIssouri, Amerika Serikat

Kansas City, MIssouri, Amerika Serikat

Foto: AP
Gempa bumi terbesar berukuran 4,2 SR terjadi sekitar pukul 8 pagi waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, KANSAS CITY -- Serangkaian gempa bumi mengguncang bagian Kansas pada Jumat (16/8) pagi di dekat Hutchinson. Gempa merobohkan langit-langit dan memecahkan ubin.

Gempa bumi terbesar berukuran 4,2 skala richter terjadi sekitar pukul 8 pagi waktu setempat, dengan pusat gempa sekitar 4,8 kilometer dari Hutchinson. Survei Geologi AS menerima laporan bahwa gempa terasa di Topeka; Kota Ponca, Oklahoma dan bahkan Kansas City, Missouri, yang berjarak sekitar 322 kilometer dari Hutchinson.

Baca Juga

"Tiga gempa dengan magnitudo mulai dari 2,8 hingga 3,3 dengan cepat diikuti di daerah yang sama," kata Rick Miller, ilmuwan senior di Kansas Geological Survey, dilansir di AP News, Sabtu (17/8).

Dia mengatakan pusat gempa berada dalam jarak 183 meter satu sama lain, di dekat persimpangan 50 dan Kansas 96 AS. "Gempa 2,5 pada hari Rabu mungkin merupakan pertanda," kata Miller.

Ambang batas untuk kerusakan biasanya dimulai pada 4,0. Di Hutchinson, yang memiliki populasi sekitar 40.700 orang, notol-botol alkohol berjatuhan ke lantai di sebuah toko minuman keras, lampu-lampu jatuh dari langit-langit di Pusat Medis Regional Hutchinson dan ubin langit-langit jatuh ke tanah di sebuah toko grosir.

Di negara bagian tetangga Harvey, penjabat sekolah Burrton memindahkan kelas siswa di bagian atas untuk turun ke lantai dasar. Terutama setelah ditemukan retakan di gedung yang berusia 100 tahun.

Kansas mulai melihat lonjakan gempa bumi pada tahun 2014 yang disalahkan pada sumur injeksi air limbah dari produksi minyak dan gas. Frekuensi gempa mulai merusak setelah harga minyak turun dan peraturan diberlakukan. 

Tetapi Miller mengatakan tingkat tekanan tetap begitu tinggi di bawah permukaan sehingga tidak akan banyak yang bisa memicu gempa bumi. Meskipun volume keseluruhan telah turun, negara itu mencatat gempa bumi terkuat kedua di bulan Juni, yakni gempa yang mengguncang Kabupaten Rooks. Gempa itu terjadi tidak lama dari gempa 4,9 skala Richter pada November 2004 di Sumner County.

Satu gempa lain di daerah Manhattan, Kansas, pada tahun 1867 mungkin lebih kuat dari keduanya. Tetapi perkiraan besarnya 5,1 didasarkan pada laporan yang dirasakan, bukan monitor.

"Jumlah gempa telah menurun secara dramatis selama setahun terakhir menjadi 18 bulan. Kita telah melihat dua dari yang terbesar dalam sejarah Kansas selama dua bulan terakhir," kata Miller.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA